Dengan 9€ Bisa Keliling Jerman Selama Juni, Juli dan Agustus, tetapi…

Berangsur-angsur perlahan Pandemi Covid-19 mulai berakhir, tetapi krisis lain datang seperti krisis ekonomi yang terjadi baru-baru ini. Kemarin saya mengikuti berita bagaimana terjadi inflasi mencapai 7,9 persen di sini yang menyebabkan harga bahan pokok naik. Kami mulai membandingkan harga-harga pangan di supermarket yang cenderung naik.

Bagi orang-orang Jerman dengan budaya prinsip ekonomis, saya pun mulai memikirkan bagaimana bersikap lebih ekonomis dalam hidup. Secara pribadi, saya memiliki cara mengurangi kebutuhan yang tidak penting dan mendesak agar selalu tersedia dana darurat.

Nah, ngomong-ngomong soal ekonomis, sudah sejak beberapa bulan lalu wacana biaya tiket kereta dan bis umum menjadi lebih murah dan seragam di seluruh Jerman yang berlaku dari Juni, Juli hingga Agustus tahun ini. Tangan saya sudah “gatal” ingin menulis ini, tetapi tiap hari ada saja berita baru soal tiket 9€ ini sehingga saya menunggu keputusan final.

Di awal misalnya tidak semua negara bagian sepakat soal program ini mengingat biaya hidup tiap negara bagian tidak sama. Contohnya, biaya hidup di kota München paling mahal seantero Jerman. Belum lagi sempat terjadi pemogokan massal beberapa waktu lalu mengenai tunjangan pekerja kereta api. Artinya program tiket 9€ ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Namun di sisi lain, Anda bisa bayangkan bahwa harga bahan bakar melonjak baru-baru ini. Orang mulai memikirkan tindakan ekonomis untuk berkendara, mulai dari berjalan kaki, bersepeda, menggunakan satu kendaraan bersama-sama hingga menggunakan kendaraan massal.

Bisa jadi program tiket 9€ ini sangat mendukung orang-orang di sini untuk beralih ke transportasi massal dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi yang hampir dimiliki setiap penduduk di sini. Itu berarti penumpang wajib membeli 27€ untuk 3 bulan dan tiket tidak bisa berpindah tangan ke orang lain. Apalagi momen yang dipakai untuk program ini adalah liburan musim panas dan libur anak sekolah yang bisa jadi dimanfaatkan banyak orang untuk hilir mudik bertransportasi.

Program tiket 9€ ini menjadi salah satu program pemerintah di sini untuk mendukung kebijakan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Kita mulai berhemat energi dan menggunakan transportasi massal bila berpergian. Namun lagi-lagi tidak semua kendaraan massal bisa menggunakan tiket 9€ ini sehingga semua orang wajib melihat kendaraan apa saja yang tercakup sebelum berangkat.

Bagi orang-orang yang bertujuan liburan dan bersantai, mungkin tiket 9€ ini membantu menjangkau berbagai tempat. Namun untuk tujuan praktis dan mengejar waktu yang singkat, Anda perlu berpikir ulang. Saya menyambut baik program ini untuk memikirkan keberlanjutan bumi yang lebih baik. Dengan begitu, kita lihat seberapa banyak energi yang bisa kita simpan dan seberapa baik pengurangan polusi akibat penggunaan kendaaran.

Nah, kalau Anda di Jerman, ke mana Anda akan berpergian dengan harga tiket yang terjangkau ini?