Makanan Khas India (21): Rinder-Bananen-Curry, Semacam Rendang Pakai Pisang

Buah pisang kaya akan manfaat karena nutrisinya yang baik untuk tubuh. Saya sendiri sudah bercerita banyak memanfaatkan pisang sebagai olahan kue dan cerita lainnya seperti memanfaatkan pisang untuk es krim, masakan lainnya yang berasal dari belahan dunia. Cerita 10 kreasi pisang bisa Anda lihat di link yang ditautkan.

Kali ini kreasi pisang datang dari India. Negeri Taj Mahal ini punya kreasi yang nyeleneh tetapi rasanya lezat. Anda bisa bayangkan rasa daging sapi yang berbumbu kuat ditambahkan pisang. Saya hanya membayangkan ini adalah rendang sapi pakai pisang goreng. Hmm, Anda pasti penasaran dengan rasanya ‘kan?

Kita langsung saja membahas menu satu ini saat saya memesannya di restoran di Jerman. Menu yang tertulis di restoran langganan saya adalah Rinder-Bananen-Curry. Boleh dibilang ini adalah kari daging sapi ditambah pisang goreng. Rasanya? Enak sekali!

Seperti biasa memasak daging sapi, kita harus mendapatkan daging sapi yang sudah empuk dan masak terlebih dulu. Kemudian bumbu kari khas India yang kaya akan rempah sudah disiapkan berikut santannya. Saya pikir ini sudah membuat saya kenyang. Selama daging sapi dimasak dalam bumbu kari, kita menyiapkan pisang.

Pisang yang digunakan menurut kenalan asal India yang biasa memasaknya, tentu bukan pisang kepok atau pisang buah. Pisang yang dipilih adalah pisang raja dan tidak terlampau matang menguning. Pisang ini dikupas kulitnya dan diiris seperti contoh di atas. Lalu irisan pisang digoreng seperti biasa.

Setelah kari sapi matang, irisan pisang goreng diletakkan di bagian atas masakan. Begitu cara orang India biasa menyantapnya bersama daging sapi dan irisan pisang goreng. Menu ini mirip seperti yang pernah saya pesan, menu kari kambing dan pisang goreng. Lihat cerita yang ditautkan.

Apakah Anda tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s