Parkir Sepeda Hemat Lahan Begini Patut Ditiru

Contoh parkit sepeda bertumpuk di lokasi lainnya.

Beberapa waktu lalu kami bertandang ke salah satu danau cantik di dekat ibu kota negara bagian Bavaria, Munich. Danau ini menjadi area publik dan hiburan warga apalagi hari wiken dan liburan. Kami pun pergi ke sana bersamaan.

Kami begitu kesulitan mencari area parkir yang lokasinya dekat sekali dengan stasiun kereta dan parkir sepeda. Akhirnya kami putuskan memarkir kendaraan yang lokasinya berdekatan dengan area parkir sepeda.

Baca: Coba Sepeda Elektrik di Tiongkok

Sebelumnya saya pernah bercerita tentang parkir mobil bertumpuk sebagai siasat atasi lahan parkir di kota-kota besar di Eropa. Ketika kami menginap lokasi parkir mobil tidak tersedia dekat dengan hotel, tetapi lokasinya berjarak sekian ratus meter.

Sebagaimana cerita saya, kami mendapati parkir bertumpuk yang disesuaikan dengan kategori kendaraan penumpang. Artinya, petugas hotel menanyakan tipe mobil yang mungkin bisa dipakai dengan parkir bertumpuk. Satu area parkir yang biasanya hanya 1 mobil, bisa disiasati dengan parkir bertumpuk. Cerita sistem Duplex Garage parkir bisa dicek pada link yang ditautkan.

Baca: Parkir Bertumpuk, Siasat Lahan Parkir di Kota Besar di Eropa

Lalu bagaimana dengan parkir sepeda bertumpuk?

Parkir sepeda bertumpuk di area sekitar Munich.

Seiring dengan cerita saya mengamati penggunaan sepeda di berbagai kota besar di Eropa, orang pun mulai memikirkan bagaimana menyimpan sepeda yang aman. Tak hanya aman, parkir sepeda bertumpuk bisa menjadi solusi hemat lahan juga. Begitu hasil pengamatan saya di sekitaran Munich.

Satu lokasi parkir sepeda ini bisa dijamin untuk menampung banyak sepeda yang datang. Mengendarai sepeda adalah salah satu pilihan gaya hidup ramah lingkungan yang menyehatkan. Di saat harga bahan bakar melambung, tentu berkendara sepeda bisa menjadi pilihan.

Mengendarai sepeda tidak perlu bayar bahan bakar plus tidak perlu bayar parkir sepeda. Lebih menguntungkan lagi kalau bersepeda itu menyehatkan, sebagai bagian dari olah raga.

Meski parkir sepeda tidak memakan banyak tempat, tetapi kita perlu memikirkan tempat parkir yang praktis dan hemat lahan, terutama di area kota-kota besar. Jadi dukungan program ramah sepeda tidak hanya soal programnya saja, tetapi juga infrastruktur seperti jalur sepeda, rambu lalu lintas untuk pengendara sepeda hingga parkir sepeda.