Makanan Khas Yunani (14): Mousaka, Vegetarian Lasagna yang Patut Dicoba

Mousaka Vegetarian, isinya sayuran.

Tinggal di Jerman dan mengenali berbagai kuliner dari bangsa lain menjadi kegemaran saya sehingga saya paham keragaman kuliner yang tidak terbatas itu. Seperti bagaimana membedakan Lasagna, makanan khas Italia dan Mousaka, makanan khas Yunani. Keduanya tampak serupa, meski tak sama rasanya.

Lasagna atau Lasagne adalah sejenis pasta dengan daging cincang ditambah saus yang khas ala Italia. Saya sudah beberapa kali mencobanya karena rasanya yang creamy. Lasagne umumnya dibuat dengan daging cincang, bukan sayuran.

Baca: Lasagna, Pasta Tertua dari Itala

Berbeda dengan Mousaka, isiannya adalah sayuran. Bahkan Mousaka yang saya abadikan dari kantin kampus ini adalah khas vegetarian yang berisi sayuran dan keju saja. Tak ada isian daging cincang seperti umumnya Lasagne. Mousaka yang saya nikmati ini berisi sayuran terong, tomat, kentang dan sepertinya itu saja.

Mousaka lainnya sebagai model.

Mousaka dikenal menjadi hidangan asal Yunani. Hanya saja hidangan ini nyatanya ada di Timur Tengah, Turki dan negara-negara Balkan. Mungkin mereka punya nama yang mirip atau nama yang berbeda. Misal, ada yang menuliskan Mousaka menjadi “Musaca de vinete” menurut informasi kenalan asal Rumania. Lainnya menuliskan Mousaka menjadi Musaca.

Baca: Melitzasanolasata, Salad Terong dari Yunani

Makanan ini digemari karena bisa divariasikan sesuai peminatnya. Mereka yang vegetarian bisa menaruh aneka sayuran dan keju saja yang sudah disertai saus tomat. Sedangkan lainnya menyebut Moussaka berisi terung yang dibelah dua ditambah isian daging cincang dan keju. Hmm, bagaimana menurut Anda? Bisa jadi hidangan ini tampak mirip seperti Lasagne.

Mousaka pun dibuat dengan bahan lain seperti yang tampak di Bulgaria misalnya yakni telur, bayam, kentang bahkan nasi yang tetap menghadirkan keju yang melted di dalamnya. Untuk pilihan daging, bisa bermacam-macam seperti Timur Tengah biasa menggunakan daging domba atau kambing. Sementara Lasgane kerap menggunakan daging sapi cincang untuk rasa terbaik.

Nah, tertarik mencoba Mousaka?