Makanan Khas Asia (88): Dari Mana Ikan Lele Goreng yang Ada di Jerman?

Untuk pertama kalinya, saya bisa menikmati ikan lele goreng saat tinggal di Jerman. Saya begitu kesulitan mencari ikan yang disebut Catfish dalam Bahasa Jerman. Bagaimana pun ikan ini hanya dijumpai di Toko Asia yang memang menjadi kuliner kegemaran orang Asia.

Meski begitu bukan tak mungkin orang Jerman menikmati ikan lele. Suami saya pernah menikmati ikan lele saat dia sedang di Indonesia. Dia lebih memilih menu ikan lele goreng daripada menu dengan daging.

Padahal dia tahu rasa ikan lele itu tak ada, tawar, hambar dan empuk. Namun begitulah, Catfish tidak umum buat orang-orang kebanyakan di sini. Saya tidak menjumpai ikan ini di toko ikan apalagi restoran ya.

Ketika saya mendapatkan tawaran makan bersama menu ikan lele goreng dari seorang teman baik asal Indonesia, saya langsung menyetujuinya. Di Indonesia, harga ikan lele begitu murah di kantong.

Di Jerman, tentu harga ikan lele berbeda sekali. Apalagi ikan lele di Jerman bukan berasal dari perairan terdekat. Saya sendiri membelinya di Toko Asia.

Ikan lele konon berasal dari Amerika Serikat dengan jenis ikan lele yang berbeda. Dalam pencarian saya dikatakan ikan lele di negeri Paman Sam merupakan hasil tambak, sama seperti di Indonesia. Sementara ikan lele yang dijual di Eropa adalah tangkapan dari Greenland, Islandia atau Kepulauan Färöer.

Daging ikan lele begitu empuk yang biasanya bagi orang Caucasian, ikan lele dibuat seperti fillet atau dagingnya saja. Ini berbeda seperti saya menikmati ikan lele umumnya di Indonesia. Bagi orang-orang di sini yang suka makan ikan, fillet ikan lele dibalut tepung maizena terlebih dulu agar tidak hancur saat digoreng.

Lihat, bagaimana pengolahan ikan lele begitu berbeda seperti yang biasanya saya nikmati. Pilihan mereka lainnya adalah mengasinkan ikan lele untuk dinikmati.

Bagaimana pun ikan lele tidak ada rasanya, sehingga menyajikan demikian membuat rasanya menjadi lebih enak. Disamping itu, mereka juga bisa memanggang ikan lele.

Pastinya ikan lele ini aman untuk dikonsumsi. Beberapa kolega saya dulu di Indonesia yang merupakan orang Caucasian mengaku tidak pernah tahu ikan lele. Mereka begitu ketagihan setelah saya ajak makan pecel lele yang menjadi menu street foods di Jakarta, termasuk suami saya.

Nah, apakah Anda penyuka menu pecel lele juga?