Makanan Khas Jerman (98): Offenkartoffeln, Kentang Direbus Pakai Cream

Offenkartofeln tampak kanan.

Kentang adalah salah satu makanan pokok di negeri tempat saya tinggal sekarang. Berbagai variasi kentang yang disajikan sebagai side dishes sudah saya bagikan pada Anda. Anda bisa menemukan kentang goreng, salad kentang, kentang rasa keju, kentang rebus hingga Offenkartoffeln yang juga sudah pernah saya bahas di link yang ditautkan.

Kentang menjadi salah stok kebutuhan pokok yang biasanya tersedia di rumah-rumah orang Jerman. Pengalaman menyimpan kentang mengajari saya bagaimana simpan kentang yang baik. Biasanya saya yang tidak tahu menyimpan kentang, terpaksa membuang kentang karena sudah busuk atau berkembang umbi.

Akhirnya saya sudah bagikan tips menyimpan kentang yang baik dengan mengklik kata tips untuk mendapatkan tipsnya.

Untuk Offenkartoffeln sendiri, pembuatannya sangat mudah. Kita bisa sajikan dengan sayuran rebus atau tumisan sayuran sudah cukup menemani kita makan siang. Offenkartoffeln biasanya diberi cream sehingga buat saya, makanan ini benar-benar mengeyangkan.

Caranya mudah. Bersihkan kentang karena kita memanggang dengan kulitnya. Lalu iris bagian tengah kentang. Beri garam keseluruhan kentang. Kemudian letakkan kentang di loyang, panggang selama 60 menit dengan suhu 200 derajat celcius.

Sambil menunggu kentang masak, siapkan sausnya yakni sour cream, merica, garam dan irisan daun bawang. Kalau Anda tak punya daun bawang, bisa diganti daun seledri.

Saat kentang masak, pegang dua sisi kentang. Lalu buat bagian tengah kentang, sedikit terbuka. Terakhir letakkan cream tadi di tengah kentang. Sajikan dengan makanan kesukaan Anda.

Selamat mencoba di rumah!