Italia (23): Menjangkau Venesia Pakai Mobil Perhatikan Berikut

Tampak Gondola yang kosong dan memang sedang tak banyak turis saat kami datang.

Traveling yang saya ceritakan berikut ke Venesia, Italia terjadi beberapa waktu lalu. Kami berkendara dengan mobil ke Venesia tanpa rencana sehingga ini menjadi petualangan kami. Sebagai informasi, pusat kota Venesia jelas tidak dijangkau mobil karena berupa kanal-kanal yang pastinya hanya dijangkau dengan berjalan kaki dan Kano yang tersedia.

Tiket tol.

Cerita kunjungan ke Venesia sempat saya mention saat saya menjelaskan kuliner Risi Bisi, yang konon rasa original diperoleh di Venesia. Sebagai lanjutan, saya ceritakan awal mula bagaimana kami memarkirkan mobil kemudian menjangkau pusat kota Venesia untuk kunjungan yang singkat.

Baca: 10 Tempat yang Bisa Dikunjungi di Venesia

Pemandangan dari atas ferry.

Menjangkau Venesia

Tol di Jerman tidak berbayar. Perjalanan kami berlanjut ke Austria sebelum ke Italia. Kami harus membayar bea tol (=Vignette) kemudian melewati jalur khusus yang disebut Maut. Jalur ini sudah pernah dijelaskan sebelumnya dengan melihat link yang ditautkan. Begitu tiba di Italia, kami membayar lagi tol perbatasan Austria – Italia.

Jalur lain yang bisa dipilih, Anda juga berhenti di Verona. Kota ini populer dengan kisah Romeo and Juliet abad 14. Anda bisa sekalian juga berwisata, selain Venesia. Kami melewatinya. Kota lain yang menarik dikunjungi adalah kota Padua, yang dikenal populer dengan Universitas Padua dan Santo Antonius Padua.

Baca: Risi Bisi, Bedanya dengan Risotto

Kiri adalah jalur gondola untuk menyelurusuri Venesia dan kanan adalah ferry sebagai transportasi umum di sana.

Parkir di Venesia

Ada banyak pilihan untuk memarkirkan mobil Anda, termasuk kami membaca soal kenyamanan, jarak pulang-pergi pakai bis hingga keamanan mobil. Bagaimana pun kami membaca reviu dan pengalaman berbahasa Jerman sehingga menjadi acuan tempat parkir selama di Venesia. Ada yang mengatakan tempat parkir tak aman sampai perhitungan bayar bea parkir yang tidak sesuai.

Selamat Datang di Italia! Perhatikan pula juga kemananan mobil Anda. Bea parkir ada yang dihitung per jam, tetapi kami memilih per hari. Ada informasi menyebut 15-20 Euro per hari, tetapi kami tidak menemukannya. Kami membayar kurang dari 30 Euro di mesin parkir otomatis. Pembayaran tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman serta bisa menggunakan kartu. Ingat pula, di tempat parkir juga belum tentu tersedia toilet umum.

Kami baru sadar rupanya tiket ferry selama di Venesia terhubung dengan ongkos bis menuju tempat parkir mobil. Kami tidak perlu bayar bis menuju tempat parkir mobil.

Baca: 5 Tempat Wisata Wajib di Roma

Pemandangan dari jembatan Rialto.

Hal-hal perlu diperhatikan

Kecepatan mobil di Italia berbeda dengan Jerman dan Austria. Rambu lalu lintas cukup jelas di Italia. Selama perjalanan, lampu harus dinyalakan.

Jika traveling ke Venesia dan perlu menginap di lokasi dekat area wisata, kebanyakan tidak menyediakan fasilitas lokasi parkir. Artinya, Anda perlu pertimbangkan ongkos bea parkir mobil.

Area wisata Venesia ramah pejalan kaki. Anda juga bisa menggunakan Kano menyelusuri tiap sudut area wisata Venesia atau menggunakan ferry.

Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki. Perhatikan juga keamanan Anda, agar tetap berhati-hati dan tidak lalai terhadap barang berharga.

Selama di area wisata terdapat Tour Guide yang bisa membantu turis yang membutuhkan.

Cerita selanjutnya menyusul ya!