Merawat Alam dan Hutan Dimulai dari Toilet Umum Gratis

Dua bilik WC gratis tersedia di hutan.

Bersentuhan dengan alam memberikan kebahagiaan tersendiri terutama bagi kami selama pandemi yang tak banyak berpergian. Alam yang ada di Jerman begitu gratis dikunjungi dan menawarkan petualangan batin yang memang berbeda, ketimbang kita pergi ke tempat wisata.

Manfaat berjalan-jalan ke hutan sebagaimana yang pernah dijelaskan di artikel yang ditautkan. Hutan memberikan petualangan yang tak membosankan sehingga kerap dahulu menjadi bagian dari karya sastra. Retret dalam hutan atau Waldeinsamkeit menjadi gaya hidup yang kini banyak digemari.

Baca: Waldeinsamkeit, Retret di Hutan yang Mendamaikan

Kembali ke alam membuat kami pun menyempatkan diri bertualang ke area hutan terdekat atau area di seputar Bavaria yang memiliki hutan yang paling banyak di Jerman. Area pegunungan yang mendominasi Bavaria menjadi kegemaran banyak orang untuk melakukan petualangan di hutan.

Baru-baru ini kami pergi ke hutan di area Munich. Ada yang menarik ketika kami menemukan toilet umum. Aha! Siapa berpikir toilet ini diletakkan di sini kalau bukan kepedulian bahwa alam dan hutan biar lestari.

Baca: Manfaat Jalan-Jalan ke Hutan

Kadang kami berpikir kalau mau pergi “urusan ke belakang” maka saya akan mencari Biergarten atau restoran sembari memesan makanan/minuman.

Namun bagaimana kalau kami tak membawa uang? Atau bagaimana kalau kami memang tak ingin makan/minum? Atau bagaimana kalau memang di area sekitar tak ada restoran/Biergarten?

Baca: Kunjungi Hutan Bavaria yang Luas

Tak disangka bahwa kebutuhan biologis seperti ini bisa menjadi masalah untuk merawat alam sekitar. Toilet umum yang bersih dan gratis adalah solusi bagaimana hal sepele tetap diperhatikan agar tidak merusak alam sekitar.

Betul saja bahwa setelah kami berjalan menyusuri hutan, ada keinginan untuk “urusan ke belakang” yang tak bisa ditahan. Kami pergi ke toilet umum yang tersedia.

Siapa bisa menahan “urusan ke belakang” ketika kita berjalan-jalan ke hutan. Bahkan binatang peliharaan seperti anjing pun dalam membuang hajat di area tempat umum perlu diperhatikan sebagaimana cerita saya di link yang ditautkan.

Nah, bagaimana menurut pendapat Anda?