Makanan Khas Timur Tengah (15): Kebab Hindi, Semacam Meatballs dengan Kuah dari Syria

Kuliner berikut ini disajikan kepada Anda mengingat akhir pekan adalah hari raya Idul Adha bagi Anda yang merayakannya. Berhubung tiap Sabtu dan Minggu, saya offline di sini maka saya tampilkan kepada Anda sekarang. Siapa tahu ini menginspirasi untuk membuatnya di rumah, apalagi menu makanan ini bisa jadi asing di Indonesia.

Kebetulan saya mencicipi restoran khas Timur Tengah di kota tempat tinggal di Jerman. Saya dan seorang teman berkunjung ke restoran ini memang sengaja untuk menikmati makanan Timur Tengah yang ingin sekali dipesan.

Baca: Minuman Sirup Rasa Mawar?

Nah, kami berdua memesan Kebab Hindi yang tampak menggoda di buku menu. Kami pun segera memesan makanan tersebut yang rupanya sudah sepaket dengan nasi gurih khas Timur Tengah yang begitu nikmat.

Pertama saya bahas nasi yang khas dari Syria terlebih dulu. Menurut saya, nasi mereka begitu lengket tetapi bukan berasal dari beras ketan. Menurut kenalan asal Syria, mereka mencampurkan margarin/ghee saat memasaknya sehingga terasa gurih pula.

Baca: Koushary, Makanan Timur Tengah

Hal menarik dari nasi khas Syria adalah mereka memasaknya kadang dengan berbagi campuran. Misalnya ada yang mencampurkan dengan kacang atau pasta vermicelli. Semua bergantung selera. Kemudian kita perlu menambahkan sedikit minyak dan garam.

Nah, Anda bisa mencoba cari tahu bagaimana teknik memasak nasi Syria yang terasa gurih dan tekstur berbeda. Ini semacam nasi Koushary di Mesir yang juga mirip dengan nasi Kabseh yang pernah juga dipesan di restoran Timur Tengah.

Baca: Makan Siang ala Timur Tengah

Kedua tentu yang dibahas adalah Kebab Hindi yang menjadi menu utama. Kebab Hindi menggunakan saus yang tampak pedas, tetapi bagi lidah saya itu tidak. Saya pikir saus ini yang membuat Kebab Hindi benar-benar nikmat until dicoba. Ini semacam saus tomat dan bawang yang dicocol juga dengan roti khas Syria.

Bagi orang-orang Syria ini bukan makanan tradisional seperti nasi yang saya jelaskan di awal. Kebab Hindi lebih pada adaptasi kuliner orang Syria dengan mencantumkan kata “Kebab” dari Turki dan “Hindi” dari India. Jadi jangan tanya saya mengapa namanya demikian?

Baca: Minuman dari Afrika Pas Untuk Summer

Ada yang bilang Kebab Hindi ini semacam meatballs karena terbuat dari olahan daging sapi yang dibentuk seperti bakso begitu. Ada pula yang menggunakan daging kambing. Namun buku menu kami menyebut ini terbuat dari daging sapi.

Rasanya begitu istimewa karena bumbu khas Syria yang dipergunakan sangat terasa seperti kapulaga, jahe dan kayu manis. Kebab Hindi menjadi santapan orang-orang Syria yang menjadi menu keluarga. Mereka biasa menikmatinya dengan nasi yang dijelaskan sebelumnya atau salad.