Hungaria (16): Làngos, Gorengan Gurih atau Manis Bergantung Selera

Làngos Rasa bawang putih dan keju, yang dibeli di Volkfest.

Berbagai kuliner asal Hungaria kerap disajikan kepada Anda, terutama sewaktu saya bertandang langsung ke sana. Begitu kaya negeri ini dengan paprika, tentu Anda harus mencoba Goulash yang seantero Jerman kerap tersedia. Makanan berkuah rasa paprika mudah ditemukan di restoran di Jerman.

Rasa paprika ini juga yang membuat saya memperkenalkan sosis asal Hungaria, Kolbàzs yang cukup populer dan patut dicoba. Sila klik Link yang ditautkan. Pun saya membagikan resep makanan dari Hungaria, Rakott Kaposzta yang bisa dicoba di dapur Anda.

Lalu bagaimana dengan makanan berikut?

Saya mendapatinya di acara Volkfest di Jerman. Tersedia berbagai street foods yang patut dicoba, termasuk Làngos ini. Saya membelinya karena saya penasaran dengan gorengan ini yang terbilang murah, meriah, dan tampaknya mudah dibuat.

Làngos lainnya.

Ada berbagai variasi rasa. Rasa original Làngos adalah bawang putih. Hanya saja, saya tidak ingin sekedar bawang putih sehingga tersedia pilihan rasa bawang putih plus keju. Seperti yang Anda lihat pada gambar atas. Sedangkan di gambar bawah, kita bisa variasikan dengan saus tomat di atasnya.

Làngos tidak hanya ditemukan di Hungaria saja atau Jerman. Jajanan ini terdapat juga di Slovenia, Ceko bahkan Ukraina juga loh. Konon asal muasal makanan ini tercipta ketika Hungaria mengalami pendudukan bangsa Romawi.

Umumnya Làngos memiliki rasa gurih bawang putih setelah tepung diolenin. Adonan kemudian digoreng hingga matang. Setelah ditiriskan dari minyak, Làngos diberi parutan keju. Kadang disertai saus yang sedikit asam, di Jerman ini disebut Rahmsoße.

Versi Lain Lángos bisa ditambahkan saus tomat. Pilihan lain, Làngos asli rasa bawang putih dan saus tomat pun bisa juga menjadi cemilan sore hari.

Konon ada juga membuat Làngos manis. Itu artinya adonan tepung diuleni tanpa bawang putih. Setelah matang, Làngos dinikmati dengan selai buah. Selai buah yang dipilih bisa rasa strawberry atau sesuai selera penikmatnya.

Hmm, tertarik mencobanya?