Makanan Khas India (23): Karahi Gosht, Semacam Rendang Dari Persia Hingga India

Makanan dari India berikut yang diceritakan adalah Karahi Gosht yang dipesan oleh saya di restoran langganan yang menjajakan citarasa negeri Bolywood. Jika semua makanan dari India yang disajikan tampak sama, maka mohon dimaklumi mengingat penampilan bumbu kari lebih banyak dari isian.

Isian entah daging sapi, ikan, kacang atau daging ayam terlihat tampak sama. Seperti Karahi Gosht ini yang mirip seperti Beef Vindaloo atau rendang daging sapi di Indonesia. Beef Vindaloo menggunakan daging sapi yang dimasak tanpa santan kelapa, sebaliknya rendang menggunakan santan kelapa.

Sedikit berbeda dengan Karahi Gosht, yang juga merupakan resep tradisional di India dan Pakistan. Beef Vindaloo adalah resep tradisional dari Goa, India yang juga agak mirip dengan rendang asal Portugis. Sedangkan Karahi Gosht lebih banyak menggunakan daging domba atau kambing. Ini yang membedakannya ya.

Saus kari yang menyertai Karahi Gosht berasal dari bawang, tomat dan rempah-rempah khas India. Sedangkan Beef Vindaloo lebih banyak menggunakan Ghost Chilli ketimbang tomat. Ini yang membedakan kedua warna makanan yang disajikan.

Namun keduanya ada persamaan. Baik Beef Vindaloo maupun Karahi Gosht dimasak slow cooking untuk citarasa yang sempurna. Ini sama seperti seorang kenalan asal Padang, Sumatera Barat yang menjelaskan bagaimana memasak rendang dengan proses slow cooking yang membutuhkan waktu berjam-jam atau 1 hari untuk rasa yang empuk dan sempurna.

Umumnya makanan khas negeri Bolywood menambahkan krim atau kacang mede, Karahi Gosht tidak sama sekali. Hal menarik lainnya adalah Karahi Gosht rasa terbaik adalah satu atau dua hari setelah dimasak. Wow!

Pencarian saya soal makanan ini berawal dari harafiah namanya. Mengapa disebut Karahi? Apa itu Karahi? Rupanya kata ini mengacu pada wajan besi yang biasa dipakai di India. Mereka menyebutnya: Karahi. Boleh dikatakan Karahi semacam oven untuk memasak makanan bagi orang-orang Eropa. Kalau menurut saya, ini semacam tungku yang dimasak dengan kayu/bara di Indonesia.

Memasak menggunakan Karahi butuh waktu yang lama. Namun aroma alami pengolahan makanan ini melengkapi rasanya yang khas. Karena proses memasak slow cooking dan uap untuk mengukus bumbunya membuat makanan ini benar-benar lezat bagi pecinta makanan domba atau kambing.

Untuk menikmati sepiring Karahi Gosht, pramusaji memberikan kami nasi Basmati warna kuning. Semacam nasi kuning yang bercitarasa kari. Pilihan lain adalah roti Naan yang juga bisa menjadi side dishes.

Nah, apakah Anda ingin mencoba Karahi Gosht juga?