Makanan Khas India (24): Es Krim Kulfi Rasa Mangga

Kiri: Mangocreme yang dipesan di restoran India. Kanan: Kulfi rasa mangga.

Panasnya Eropa sedang mencapai puncaknya di minggu ini. Kondisi ini mengingatkan pentingnya tema krisis iklim agar menemukan solusinya demi kebaikan bersama. Di luar itu saya membagikan Dessert berupa es tradisional dari India.

Tiap negara pasti punya Dessert yang jadi hidangan kebanggaan tiap restoran. Misalnya kalau kita datang ke restoran Italia, mereka menyajikan hidangan pencuci mulut yang tak tergantikan. Demikian pula, restoran-restoran lainnya seperti Indonesia yang punya Cendol yang wajib dicicipi sebagai Dessert.

Baca: Kulfi dari India

Lalu bagaimana dengan India? Negeri Bolywood ini tentu punya kekhasan Dessert yang bisa dicoba. Begitu pun ketika pemilik restoran India langganan kami memberikan complimentary es krim rasa mangga sebagai penutup hidangan. Wah, saya langsung menyanggupi meski perut saya sepertinya sudah penuh.

Es krim rasa mangga bisa menjadi salah satu Dessert yang patut Anda coba bila berkunjung ke restoran India. Kulfi sendiri adalah es krim versi orang-orang India yang dibuat dengan cara berbeda, seperti kebanyakan es krim yang kita kenal. Jika Italia punya es krim Gelato maka India barangkali punya Kulfi yang juga punya penggemarnya masing-masing.

Baca: Cendol Menjadi Dessert Mendunia

Cara membuat Kulfi secara tradisional adalah memanaskan susu berlemak hingga berkurang sepertiga dari volume aslinya. Selain pembuatan es krim yang berbeda, Kulfi India punya buah dan rempah-rempah seperti Kapulaga, Kacang Pistachio dan air sari mawar. Proses ini kemudian dicetak dan dibekukkan.

Resep sederhana ini masih digemari dan dibuat oleh restoran India untuk menghasilkan kekayaan citarasa kuliner India yang kaya rempah dan tekstur yang berbeda dari kebayakan es krim lainnya. Contoh Kulfi yang pernah saya bahas seperti Kulfi rasa kacang ijo yang patut dicoba.

Baca: Beda Es Krim Kopi dan Es Kopi

Sedangkan Kulfi rasa mangga tidak ubah juga pembuatannya. Saya cek dalam resep berseliweran di dunia maya. Kita bisa masukkan Mangopüree atau sari buah mangga yang dikemas praktis dan dijual di pasaran. Kemudian tambahkan susu kental manis agar tidak masam.

Bagaimana pun bahan dan teknik pembuatan yang berbeda dari kebanyakan es krim, membuat saya percaya kekayaan tiap kuliner dari berbagai belahan dunia membuat saya semakin kaya rasa.

Bagaimana menurut Anda?