Makanan Khas Italia (42): Arancini atau Arancino with Bolognese Style Filling

Jika sebelumnya saya bercerita beda Tiramisu dengan es Tiramisu, kemudian kemarin saya cerita pengalaman parkir saat berada di Milan maka kali ini saya cerita gorengan asal Italia. Italia memang menjadi rekomendasi kuliner dunia yang enak dan lezat. Sebut saja Pizza, pasta, salad, Risotto, es krim, Tiramisu sampai kopi yang selalu membuat saya jatuh hati menikmatinya.

Menikmati kulinernya langsung di Italia atau di negara lain tetap saja, citarasa makanan Italia tiada duanya. Saya pun bereksperimen untuk mencicipi yang belum pernah dicoba, apalagi bentuknya bulat yang bila dibelah itu seperti combro. Pastinya ini bukan combro yang berisi oncom.

Bentuknya seperti bola yang bulat yang dilapisi tepung panir. Uhm, saya jarang sekali menemukan gorengan di Italia sehingga saya patut bercerita tentang Arancini atau Arancino yang enaknya tiada duanya.

Nama gorengan ini Arancino, yang lain menyebutnya Arancini atau Arancinu. Kata ini merujuk secara harafiah yang berarti “jeruk kecil” yang memang ukurannya seperti itu. Namun begitu, saya bertanya pada kenalan asal Italia yang menyebutkan ada loh bentuk Arancini seperi kerucut. Kata dia, bentuknya disesuaikan dengan asal Provinsi di Italia.

Saya menjamin Anda yang suka makan nasi tentu akan menyukainya. Jadi Arancini terbuat dari nasi yang sudah dingin untuk dibentuk seperti jeruk dengan menambahkan isian. Isian yang saya tampilkan adalah saus Bolognese yang biasa dikenal dalam saus pasta.

Intinya, isian Arancini atau Arancino itu berisi daging cincang halus, keju, tomat, bawang Bombay seperti saus Bolognese. Isian terpenting adalah keju dan kacang polong. Lainnya ada yang menambahkan jamur, telur ayam atau hati ayam.

Bila melihat bentuknya, Anda tahu Arancini itu digoreng. Ya, itu betul. Setelah bola-bola nasi dibuat maka dilapisi tepung kemudian tepung roti. Menggorengnya pun perlu teknik ketika minyak sayur sudah tampak panas sehingga menghasilkan hasil yang sempurna.

Hidangan Arancini atau Arancino itu tidak hanya ditemukan di Italia, di negara tetangga pun mudah dijumpai. Kalau Anda suka bereksperimen, coba deh Anda buat sendiri di rumah. Ini seperti bacang yang digoreng karena berisi nasi dan daging berbumbu. Itu perkiraan saya saja.

Apa Anda tertarik untuk mencobanya?