Salzburg, Austria (9): Schloss Mirabell yang Indah dan Tak Ada Tiket Masuk

Berjalan-jalan ke Austria pada kesempatan kali ini adalah membicarakan istana yang dulu sempat tidak kami jajaki. Cerita kunjungan ke Salzburg pernah dilakukan beberapa tahun lalu tetapi kali ini diceritakan tempat atau spot yang terlupakan untuk diceritakan.

Jika kota Wina punya Schloss Schönbrunn maka Kota Salzburg punya Schloss Mirabell. Kastil yang terletak di pusat kota Salzburg ini begitu populer sebagai ruang publik untuk warga sehingga tak pernah sepi. Ini begitu sulit untuk saya memotret keindahannya. Lalu lalang orang memenuhi taman kastil yang indah ini, apalagi di musim panas.

Baca: Schloss Schönbrunn yang Megah dan Melegenda

Lihat saja air mancur dan keindahan tamannya kerap menjadi spot warga berfoto yang tak pernah sepi. Schloss Mirabell ini gratis dikunjungi karena area ini dipakai untuk Balai Kota, Gedung Konser atau Wedding Hall sehingga bukan lagi seperti area tertutup seperti umumnya kastil.

Nama Mirabell diambil dari Bahasa Italia yang ditujukkan kepada perempuan dengan sebutan “Mirabile” atau “Bella” yang berarti cantik. Istana ini punya kisah yang panjang dan penuh drama sehingga sampai sekarang memang tak ada keluarga kerajaan yang menempati, tetapi milik pemerintah.

Baca: Berwisata Sejenak Sambil Transit di Salzburg

Schloss Mirabell didirikan pada 1606 yang sebenarnya ditujukan untuk keluarga Altenau sehingga dahulu dikenal sebagai Schloss Altenau. Berangsur-angsur terjadi perubahan nama menjadi Schloss Mirabell. Gaya Baroque pun ditemukan dalam arsitektur dalam Dan luar istana.

Area yang menarik adalah Marmorsaal yang menjadi tempat terindah dari istana ini. Banyak pasangan pernikahan menggelar perhelatan di sini. Keindahan lainnya adalah tamannya yang istimewa bagi siapa saja yang berkunjung. Datanglah ke taman terdapat Der Rosengarten yang begitu indah dan Die Orangerie.

Baca: Ambrass Schloss di Innsbruck

Di taman terdapat karya seni yang dibuat pada tahun 1690 yang mengisyaratkan 4 elemen yakni: Tanah, Api, Air dan Udara. Di air mancur ini pernah dijadikan bagian dari adegan film “The Sound of Music” karya Hollywood. Sebagian dari Schloss Mirabell pun dijadikan bagian dari Film terkenal tersebut.

Karena umumnya istana itu harus membayar tiket masuk, maka di sini tidak Sama sekali. Bahkan toilet umumnya pun tak berbayar untuk pengunjung. Di sini bisa menjadi pilihan wisata yang layak dikunjungi apabila Anda berada di Salzburg.

Nah, sudahkah Anda berkunjung ke Salzburg?