Makanan Khas Jerman (100): Gebackene Zwiebelrose, Bawang Bombay Dibalut Tepung

Ada juga versi bawang bombay yang dipotong berbentuk cincin (kiri) dan potongan bulatan besar sehingga membentuk bunga (kanan).

Negeri yang saya tempati mulai terbuka terhadap kreativitas makanan. Tidak hanya Schnitzel, Currywurst atau makanan lokal, kini berbagai pilihan selera makanan mulai menjamur seperti makanan berikut yang diceritakan. Saya menemukannya saat ada acara Volkfest di sini.

Namanya Gebackene Zwiebelrose yang berarti bawang bombay dibalut tepung yang kemudian digoreng. Siapa sangka cuma bawang bombay saja bisa menjadi ide makanan yang nikmat until dinikmati. Bersiaplah bagi mereka yang tak suka bawang untuk menghindarinya!

Baca: Ethiopian Sambusa, Apa Itu?

Setelah saya menikmatinya, Gebackene Zwiebelrose ini benar-benar lezat, tak menyebabkan bau mulut juga dan menjadi pilihan juga bagi vegan/vegetarian. Saya pikir ini cocok bagi pecinta gorengan, yang tak ingin makan berat.

Nama Zwiebelrose mengacu pada kata “Zwiebel” yakni bawang bombay dan “rose” yang berarti bunga mawar. Jadi ini adalah bawang bombay yang dibentuk seperti bunga mawar kemudian digoreng.

Baca: Schnitzel Cordon Bleu yang Patut Dicoba

Bawang bombay yang dipilih adalah bawang bombay ukuran besar yang dipilih setelah dikupas kulitnya tanpa meninggalkan akar yang masih menempel. Untuk menjadi bahan makanan yang diinginkan, bawang bombay harus dibentuk seperti “mahkota” sehingga ada yang menyebutnya “Zwiebelkrone” yang mana kata “Krone” berarti mahkota dalam Bahasa Indonesia.

Untuk membuat bawang bombay seperti mahkota perlu teknik khusus. Letakkan bawang bombay di atas telenan. Posisi akar menghadap ke atas. Belah bawang ke bawah menjadi kolom sekitar 1 sentimeter dari untaian akar. Ulang proses ini sehingga menjadi seperti bunga mawar yang Indah.

Baca: Kebab Hindi Makanan Orientalis

Ini sama seperti membuat Schnitzel. Anda harus meletakkan mangkuk berisi kocokan telur, tepung, dan tepung panir. Tepung panir ini dipilih adalah tepung untuk membuat Schnitzel. Setelah seluruh permukaan bawang bombay terendam tepung panir, kita masukan dalam minyak panas.

Kita harus merendam bawang bombay dalam minyak panas di Fritteuse agar hasilnya optimal. Saat menghidangkan, Anda bisa tambahkan saus sesuai selera. Ini lezat luar biasa!

Apa Anda tertarik mencobanya?