Makanan Khas Asia (85): Yasai Ramen, Mi Vegan dengan Kuah Rasa Ikan

Yasai Ramen, Ramen Vegan yang berisi kuah rasa ikan.

Saat kami menyambangi restoran Asia beberapa waktu lalu, saya penasaran dengan rasa mi ramen vegan. Pendapat seorang teman lain, katanya Yasai Ramen itu nikmat juga meski hanya sekedar sayuran. Saya yang mendengarnya langsung tegoda dan ingin segera mencobanya.

Ramen seperti yang sering saya ceritakan merupakan makanan favorit bagi pecintanya. Pilihan mi ramen saat traveling membuat saya berpikir untuk mencicipinya setiap kali karena saya yakin kuahnya yang otentik membuat saya suka. Coba tengok pengalaman menikmati mi ramen saya berada di Amsterdam, Belanda!

Veggie Ramen pakai nori dan telur rebus di salah satu restoran di Amsterdam.

Namun, apa jadinya ramen berisi sayuran tetapi berkuah rasa ikan?

Yasai Ramen atau Yasai Miso Ramen begitu terkenal bagi orang-orang Vegan. Yasai sendiri bisa diterjemahkan sebagai sayuran dalam Bahasa Jepang. Anda yang beruntung menikmati Yasai Ramen terkadang diselipkan tahu sebagai pelengkap ramen.

Menilik berbagai situs resep pembuatan mi ramen, mereka pertama kali menumis sayuran yang dikehendaki terlebih dulu sebelum memasukkan mi ramen. Mereka juga tidak membuat mi ramen terpisah antara sayuran dan kuah mi ramen.

Saya sendiri pernah mempraktikkan ramen sayuran atau vegan ramen sebelumnya. Di situ saya membuat ramen tak berkuah. Nah, bagaimana pembuatannya, sila tengok yang ditautkan ya.

Sementara Yasai Ramen yang Anda lihat dan saya pesan berkuah ikan. Meski begitu, mereka yang tak suka dengan kuahnya, bisa memilih kuah rasa sayuran saja. Jadi, kembali ke soal selera masing-masing.

Pilihan Yasai Ramen yang lainnya adalah penyajiannya menggunakan telur ayam. Hanya saja itu berarti tidak khusus untuk vegan. Telur ayam rebus hanya sebagai pelengkap sajian saja.

Apa Anda tertarik mencobanya?