Ceko (13): Lego Museum di Kutnà Hora

Koleksi Lego yang saya dokumentasikan.

Sebagaimana cerita saya sebelumnya, kami berkunjung ke kota yang letaknya 70 Kilometer dari ibu kota Ceko, Praha. Kota ini juga menjadi rekomendasi wisata bila Anda menjangkau Praha. Pasalnya kota ini masuk dalam cagar budaya yang dilindungi UNESCO.

Ada berbagai situs budaya dan bersejarah yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat akan diceritakan berikutnya. Kali ini saya bercerita tentang tempat lain yang lokasinya berada dekat situ.

Baca: Mulai dari Bea Tol hingga Pasar Rakyat di Ceko

Koleksi Lego yang tak ada di tempat lain.

Lokasi yang dimaksud adalah Museum Lego yang letaknya berdampingan dengan situs bersejarah Osuarium yang diceritakan berikutnya. Lego menjadi cara untuk orang bermain. Di dunia museum Lego banyak dijumpai untuk menawarkan informasi, edukasi hingga aktraksi permainan Lego itu sendiri.

Awalnya kami tidak menyadari museum Lego mengingat kami hanya mencari restoran atau kafe untuk sejenak melepas kelelahan berkendara menuju Kutnà Hora ini. Akhirnya mata kami tertuju pada kafe yang didesain menarik tersebut.

Baca: Menjangkau Kota Pilsen, Ceko

Museum dan kafe.

Kafe ini hanya menyediakan makanan ringan seperti sandwich atau makanan ringan Western style. Ada juga kopi, kue dan minuman soft drink lainnya. Kafe didesain menarik dan memang menjadi bagian dari museum Lego yang letaknya bersebelahan. Seperti pojok untuk kami menikmati secangkir kopi dan sandwich terdapat Lego dengan bentuk yang menarik.

Untuk anak-anak jelas kafe ini menarik untuk dikunjungi karena terdapat spot playground dan spot berfoto yang fotogenik. Lagipula Lego di sini juga berbentuk figur yang sesuai dengan museum yang ingin kami kunjungi. Model Lego yang tersedia tentu unik dan tidak tersedia di lokasi penjualan Lego lainnya.

Museum Lego ini dibangun di area seluas 150 meter persegi. Tak besar memang. Namun koleksinya terdapat lebih dari seribu model. Salah satu koleksinya adalah replika Ossuary yang dibangun lebih dari 50.000 keping Lego.

Dahulu rupanya Lego terbuat dari kayu. Berbagai pojok informasi tentang Lego bisa dibaca jelas dalam Bahasa Inggris. Pada prinsipnya segala usia bisa memainkan Lego dan menikmatinya dengan cara mereka tersendiri.

Bagaimana menurut Anda?