Kue Khas Jerman (52): Mini Windbeutel, Semacam Kue Sus

Kue berikut boleh dibilang seperti salah satu kue favorit saya dulu di Indonesia. Kue yang saya maksud adalah kue Sus dengan isian krim manis yang lembut.

Kue Sus termasuk kue jajanan pasar yang murah dan mudah dijual. Begitu ingatan saya di Indonesia.

Saat saya melihat kue yang mirip seperti kue Sus di Jerman, saya tertarik untuk mencoba dan mengulasnya. Rupanya kue tersebut bernama Mini Windbeutel.

Entah mengapa harus disebut mini. Bisa jadi sesuai dengan bentuknya yang kecil, bahkan lebih kecil dari kue Sus yang dikenal di Indonesia.

Tekstur kue keseluruhan mirip seperti kue Sus, begitu kering dan berwarna kuning kecokelatan. Kue Mini Windbeutel ini memiliki isian putih berupa krim kue manis yang lembut seperti kue Sus.

Dalam pencarian soal kuliner, bisa jadi kue Sus itu juga diadaptasi dari Eropa. Di Jerman dan Austria terdapat Mini Windbeutel.

Kue berisi cream ini telah dikenal di Eropa sejuk Abad 16. Hal ini disebut dalam Bahasa Prancis untuk pâte à choux’ yang berarti Cream Puff.

Istilah tersebut merujuk pada adonan kue asal Prancis dengan nama Choux la Crème. Secara harafiah namanya, ini merujuk pada kue yang Croquembouche. Kue cemilan enak khas dan mengesankan.

Kue ini konon dijadikan hidangan pencuci mulut, yang dulunya bisa terbuat dari Marzipan.

Kue Sus yang saya kenal di Indonesia dan kini saya tahu bagaimana asal-muasalnya begitu tinggal di Eropa. Setidaknya rasa kangen menikmati kue Sus terobati juga.