E-Scooter di Kota Tua Munich Jadi Tren Wisata

Pariwisata berbagai belahan dunia berangsur-angsur mulai bangkit meski belum sepenuhnya.

Cerita demi cerita dari berbagai tempat yang dibagikan barangkali menjadi inspirasi, termasuk aplikasi sewa skuter. Ini ditemukan di Munich, ibu kota negara bagian Bavaria, Jerman.

Sebagaimana cerita saya sebelumnya bagaimana sepeda mulai diterapkan sebagai pilihan berwisata seperti program tur bersepeda atau aplikasi sewa sepeda yang memudahkan wisatawan untuk menjelajah.

Baca: Menjelajah Tiga Ibu Kota Negara Eropa Pakai Sepeda

Kali ini bukan sepeda melainkan skuter. Skuter memang bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin berpergian secara praktis.

Skuter menjadi pilihan tepat karena begitu sulit dan mahalnya area parkir terutama kota-kota besar seperti Munich.

Skuter bertenaga listrik ini sudah diperkenalkan di Jerman sejak 2019. Secara nasional, pengendara Skuter hanya bisa memanfaatkannya di jalur sepeda atau jalan setapak. Skuter tidak dapat dipergunakan di jalan trotoar.

Baca: Mencoba Mobike di Shenzen, Tiongkok

Bagi mereka yang tak punya skuter listrik tetapi ingin menjelajah Altstadt München dipersilakan menyewanya dengan sejumlah penyedia resmi yang ditawarkan.

Skuter listrik ini bisa digunakan hingga 30-50 Kilometer. Pengisian ulang baterainya tersedia di berbagai tempat.

Skuter lipat pun dipersilakan tetapi perlu diingat tentang jalur satu arah atau area pejalan kaki yang mungkin perlu diperhatikan penggunaannya.

Skuter ini dipilih untuk mengurangi ketegangan parkir di pusat kota dan menjadi pilihan fleksibel menjangkau tempat-tempat yang sulit oleh mobil.

Baca: Tiket 9€ Sebulan Bisa Keliling Jerman

Peminat bisa memesan melalui aplikasi sewa Skuter yang tersedia. Pembayaran pun dilakukan secara mudah. Paling disukai dari Skuter adalah pakirnya yang tak memakan tempat dan fleksibel.

Namun para penyewa Skuter ini perlu memperhatikan aturan yang ditetapkan seperti parkir.

Skuter tidak boleh diparkir di zona pejalan kaki atau zona hijau. Kalau kedapatan skuter tidak mematuhi aturan, penyedia bisa mengambilnya dalam waktu 24 jam.

Soal harga sewa skuter disesuaikan dengan masing-masing penyedia dan kebutuhan yang dikehendaki per menit, per jam atau per hari.

Apa Anda pernah sewa skuter atau mengendarai skuter di kota besar di Eropa?