Makanan Khas India (25): Matar Mushroom, Menu Kari Pakai Jamur dan Kacang Polong

1. Matar pakai paneer versi lain, 2. Matar Mushroom pesanan suami, 3. Makannya pakai nasi Basmati.

Makanan berikut ini adalah negeri Bollywood yang dinikmati di restoran khas India langganan saya. Makanan yang akan diceritakan ini termasuk kelompok vegetarian.

Makanan berkari ini disebut Matar Mushroom, yang dijelaskan dalam daftar menu berisi krim, kacang polong dan jamur dalam semangkuk kari khas India.

Baca: Pan Masala, Semacam Manisan dari India

Berdasarkan pencarian literatur dikatakan Matar dibaca menjadi “Mutter” dalam Bahasa Hindi, yang berarti kacang. Itu sebab ada kacang polong di dalam.

Untuk menikmatinya di India, Matar yakni kacang polong dan jamur dimasak bersama bawang, tomat dan rempah-rempah kari seperti masala yang khas kemudian berkuah krim.

Soal krim ini, semula saya pikir ini adalah santan. Saya tidak tahu, apakah bisa digantikan santan kelapa. Intinya kari ini bersantan kental yang dinikmati dengan nasi basmati.

Baca: India Butter Chicken yang Lezat

Pramusaji menghidangkan nasi Basmati yang memilih menu Matar Mushroom kepada suami. Warna karinya tampak kekuning-kuningan seperti warna kunyit.

Hidangan Matar Mushroom disajikan dalam kondisi hangat yang bisa dinikmati tidak hanya pakai nasi Basmati saja, tetapi juga roti khas India lainnya.

Jika ingin memasaknya di rumah, tentu sangat mudah. Menurut kenalan asal India, kita hanya membutuhkan waktu 30 menit. Hidangan ini bisa dibilang seperti Dal Makhani yang pernah dipesan juga.

Apakah Anda ingin mencobanya juga?