Ceko (15): Moldaustausee, Danau Buatan Untuk Cegah Banjir

Danau Moldaustausee yang sebenarnya adalah waduk.

Inilah danau yang punya tiga nama berbeda dengan lokasi di negeri tetangga, Ceko. Saat kami menyambangi dari Jerman, nama lokasi danau adalah Moldaustausee. Kebetulan area ini dikenal sebagai danau tercantik, dekat perbatasan Jerman – Ceko.

Kami pun menuju ke danau tersebut dengan melewati negeri tetangga, Austria. Saya pun semakin bingung mengikuti panduan google maps yang mengarahkan nama yang berbeda. Namanya bukan lagi Moldaustausee, melainkan Stausee Lipno di perbatasan Austria – Ceko.

Selama di Austria menuju danau tersebut, kami melewati Böhmerwald yang menjadi hutan lindung yang berdekatan dengan Bayerwald. Böhmerwald adalah hutan dalam jangkauan tiga negara yakni Jerman, Austria dan Ceko.

Kiri: Peta menuju danau yang lokasinya ada di dekat perbatasan Austria dan Jerman.

Sepanjang perjalanan di hutan tersebut banyak pendaki atau petualang hutan yang berjalan kaki menyusuri hutan. Lainnya banyak yang memanfaatkan dengan bersepeda secara kelompok kecil atau kelompok besar. Maklum kami menyambangi hutan tersebut saat musim panas.

Tentu saja ini gratis karena ini adalah alam yang dilindungi pemerintah setempat. Area ini biasa dijadikan tempat wisata orang-orang Ceko, Jerman dan Austria. Tersedia juga perahu kecil untuk menyeberangi danau atau berwisata seputar danau. Sisanya adalah kapal ferry untuk transportasi penduduk setempat.

Ferry kecil bersandar untuk menyeberangi danau.

Saya sudah sering mengulas danau-danau indah dan luas di Austria dan Jerman, yang biasanya dijadikan area wisata dengan kapal ferry lebih dari transportasi penduduk. Kami biasanya berkeliling dengan kapal ferry untuk menikmati keindahan danau. Namun tidak dengan danau Moldaustausee, kapal ferry hanya menjadi transportasi dan tampak tak menarik.

Begitu tiba di danau Vodní nádrž Lipno demikian nama Danau tersebut dalam Bahasa Ceko, saya pun lebih banyak menikmati kesunyian. Tak banyak orang ramai mandi di danau atau melakukan aktivitas olahraga air seperti umumnya danau di Jerman dan Austria.

Keindahan danau Moldaustausee dari Böhmerwald.

Danau ini Moldaustausee adalah danau buatan di lembah Moldau sejak tahun 1952-1959. Biasanya danau terjadi karena proses alami, danau ini sengaja dibangun sebagai waduk pembangkit listrik.

Hal menarik yang saya baca danau ini untuk melindungi kota yang berada di hilir seperti eské Budějovice (=Bohemian Budejovice) dan Praha dari Banjir. Danau ini lebih dikenal sebagai Jihočeské moře (=Laut Bohemia Selatan Jerman).

Begitulah letak danau buatan di perbatasan Jerman, Ceko dan Austria ini. Bagaimana pun danau ini menjadi solusi untuk mencegah banjir dulunya. Kini danau ini menjadi tempat rekreasi warga yang gratis, mulai dari memancing, berenang atau piknik di sekitar danau.