Kreasi Sendiri (121): Cara Buat Saus Asam Manis dari Vietnam yang Cocok Buat Lumpia

Lumpia bisa jadi tak asing lagi untuk Anda di Indonesia. Gorengan ini memang digemari karena umumnya rasa gurih dengan isian yang bisa disesuaikan sesuai selera.

Lumpia pun menjadi tak asing lagi saat kita menyambangi restoran selera Asia di Jerman. Pasalnya kadang lumpia bisa menjadi hidangan pembuka sebagaimana cerita saya pada artikel yang ditautkan.

Lumpia yang saya maksud berasal dari Vietnam yang memang memiliki isian sesuai selera, bisa vegan, vegetarian atau berisi daging. Lumpia asal Vietnam juga harus dibedakan antara lumpia yang digoreng atau spring rolls yang tidak digoreng. Anda bisa dua artikel berbeda tersebut.

Begitu pun saus untuk menikmati keduanya jelas berbeda. Itu sebab saya bagikan saus untuk menikmati lumpia goreng asal Vietnam ini. Saus ini disebut Süß-saure-sauce yang umumnya disajikan di sini.

Saus rasa asam manis dan sedikit pedas ini umumnya mudah dijual di supermarket di sini. Namun baru-baru ini saya diperkenalkan saus yang sama tetapi dengan sedikit lebih banyak bawang putih.

Karena penasaran dengan saus tersebut, saya berhasil mempraktikkan pembuatannya di dapur rumah. Hasilnya luar biasa nikmat. Mungkin Anda terinspirasi membuat dan menyimpannya di rumah.

Bahan yang diperlukan antara lain: 200 gula pasir, 200 gr air, 1-2 jeruk nipis, 5 siung bawang putih atau sesuai selera, 1 sendok teh garam, 20 cabai atau sesuai selera.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, tentu Anda harus menghaluskan cabai dan bawang putih terlebih dulu. Kemudian Anda siapkan wadah berisi air, gula pasir dan garam.

Dilanjutkan memasukkan semua bahan pertama dan kedua. Aduk-aduk semua bahan kemudian tambahkan perasan jeruk nipis. Hasil akhir aduk hingga rata dan diamkan beberapa saat hingga menyatu.

Anda bisa membaginya menjadi beberapa botol kemudian menyimpannya untuk persediaan. Saus asam manis ini kadang bisa juga untuk hidangan gorengan lainnya seperti pisang goreng atau bakwan goreng.

Selamat mencoba di rumah!