3 Alasan Pentingnya Hobi

Hobi adalah aktivitas yang dilakukan di sela waktu lowong dan atas dasar kesenangan dan kepuasan jika kita bisa melakukannya. Hobi tidak bisa dipaksakan. Ada yang menekuni hobi sedari kecil, tetapi ada juga yang baru saja memulai melakukan hobi saat berusia dewasa.

Bagaimana pun istilah hobi muncul dengan kategori sebagai leisure activity, artinya aktivitas yang mendatangkan kepuasan. Misalnya ada orang yang hobi mengoleksi perangko. Lainnya ada yang hobi bermain sepak bola.

Kategori berikutnya adalah serious activity yang juga dikaitkan hobi. Ada orang yang memiliki hobi melakukan aktivitas sukarela mendampingi suatu komunitas. Lainnya ada yang hobi melukis hingga dia pun ikut memamerkan karyanya atau menjual karya hobinya tersebut.

Terakhir hobi juga digolongkan sebagai Project-based activity yang artinya hobi ini dilakukan atas dasar periode waktu yang terbatas. Misalnya ada orang yang punya hobi memasak yang hanya dilakukan di waktu lowong atau kala ada pesanan.

Nah, dari penjelasan di atas, mengapa ya hobi itu perlu atau penting dilakukan.

1. Hobi itu bisa menghasilkan uang

Hobi yang dilakukan dengan serius dan tekun nyatanya bisa menghasilkan uang. Contohnya seperti orang yang hobi melukis. Dengan minat dan talentanya, dia bertekun dengan hobi tersebut. Karya lukisannya bisa menjadi nilai jual yang fantastis sehingga menghasilkan uang.

Contoh lainnya adalah seorang kenalan suami, seorang pria yang punya hobi memasak. Dari Senin hingga Jumat, dia berada di hotel sebagai kepala juru masak. Wiken dia serius melanjutkan hobi memasak dengan membuka restoran di halaman rumahnya.

Dia melakukannya berdasarkan hobi sehingga terkadang dia bisa saja tidak membuka restorannya hanya karena dia sakit atau sedang tidak mood memasak. Namun memasak di restoran kala wiken itu adalah hobinya, bukan pekerjaannya.

2. Hobi meningkatkan pertumbuhan diri

Banyak pula orang yang mempelajari hal baru karena dia baru saja mengenal hobi itu. Misalnya saja ibu saya yang suka ikut paduan suara (koor) di Gereja dan kadang menjadi Dirigen.

Dia belajar bagaimana bernyanyi koor dalam grup atau menjadi penyanyi solo jika harus tampil menjadi petugas ibadah di gereja. Hobi yang dipelajarinya itu menurutnya menjadikan dia berkembang. Dia menyukai hobi barunya sebagai bagian dari aktivitas leisure sehari-hari.

3. Hobi membuat kita tetap aktif dan kreatif

Terakhir hobi itu penting karena membuat diri sendiri tetap aktif dan kreatif. Berawal dari kecintaan saya membaca dan menulis, mengapa tidak saya punya blog sendiri. Saya menantang diri sendiri untuk daily blogging dengan 1 artikel di Blog. Itu bukan hal yang mudah.

Daily blogging sudah saya tekuni sampai sekarang. Semula saya membuatnya tiap hari selama empat tahun. Ketika ayah saya tiada, saya break 6-8 bulan dan melanjutkan lagi daily blogging tiap Senin – Jumat.

Alhasil hobi saya tersebut membuat saya tetap aktif dan kreatif hingga sekarang. Satu kuncinya adalah konsistensi dan mau belajar.

Nah, Anda sendiri bagaimana?