Italia (27): Ayo, Kemping di Tepi Danau Gardasee!

Rumah-rumah yang disewakan untuk kemping.

Libur musim panas telah tiba yang berbeda-beda untuk jadwal kalender akademik tiap negara bagian di Jerman, dengan harapan waktu liburan tidak terkonsentrasi di waktu yang sama. Namun bulan Agustus kebanyakan dijadikan waktu untuk liburan buat kebanyakan orang di sini.

Alasan mengapa bulan Agustus dijadikan waktu berlibur bisa dilihat dalam ulasan saya dengan link yang ditautkan.

Dekat dengan danau dengan pemandangan yang indah.

Bagaimana kalau Camping? Ide liburan dengan berkemping bisa jadi pilihan Anda, apalagi kalau Camping di Italia, dekat Gardasee. Tentu Anda semakin penasaran bagaimana orang-orang di sini pergi Camping tetapi camping yang dimaksud adalah tidak di area pegunungan, lantas?

Siapa pun pasti senang kalau area Camping yang ditawarkan oleh fasilitas Camping di area Gardasee ini. Kebanyakan orang-orang yang Camping memiliki Caravan atau kendaraan Wohnmobil yang memang biasa digunakan untuk berpergian.

Ada balkon yang nyaman dekat juga dengan Caravan yang dibawa.

Apa itu Caravan atau Wohnmobil? Silakan cek Link yang ditautkan.

Dahulu saya melatih kemandirian dengan ikut program Camping yang diselenggarakan pihak sekolah. Melalui program itu, saya belajar mengurus diri sendiri dan bersosialisasi dalam kelompok Camping. Saya sering dulu ikut juga program Camping dengan kelompok orang muda lainnya. Pastinya Camping itu menyenangkan.

Bagaimana kalau Camping di Eropa, terutama di pinggir danau Gardasee, Italia? Pemandangan pegunungan yang sejuk dan tepi sungai yang terik kala musim panas. Sensasi ini digemari bagi para pengunjung yang Camping juga.

Toilet, MCK, sangat super bersih untuk kepentingan bersama.

Ternyata ada hampir 100 spot camping di Gardasee loh. Harga camping itu lebih murah daripada penginapan. Tempat yang paling sering jadi tujuan kemping adalah area sekitar Brenzone, Garda dan Riva del Garda, Bardolino, Limone sul Garda serta Tremosine.

Contohnya tempat kemping kami beberapa waktu lalu dekat dengan pasir untuk area berjemur di dekat danau. Ini serasa di pantai. Belum lagi pemandangan pegunungan Alpen dan danau yang indah membuat semarak pengalaman kemping di Italia ini.

Hal menariknya adalah di area kemping ini tersedia toilet umum yang super bersih meski digunakan bersama-sama. Petugas membersihkannya tiap hari. Kita juga bisa mencuci pakaian karena tersedia mesin cuci dan pengering baju. Tenda kemah bisa dipilih, termasuk area yang nyaman seperti rumah lengkap dengan dapur dan area balkon yang indah.

Kemping yang berbeda seperti yang dialami waktu saya masih di Indonesia. Semua serba praktis, bersih dan memang tepat untuk pengguna Wohnmobil atau Caravan. Ide ini adalah pilihan liburan yang asyik dari ide lain berkunjung ke tempat wisata yang populer.

Nah, mumpung masih musim panas yang bisa menginspirasi Anda memilih liburan dengan kemping mungkin. Silakan pilih di mana area yang indah untuk kemping dan menikmati alam musim panas.