Makanan Khas Asia (85): Thai Curry Masaman

Suatu kali saya ingin mengobrol dengan teman di sini dan memilih restoran Asia untuk menikmati makan siang. Seperti yang Anda lihat terdapat nasi putih dan seporsi curry masaman yang berisi daging sapi dicampur sayuran.

Pilihan Thai Curry Masaman ini mungkin beberapa kali saya coba, biasanya Curry ala kuliner Thailand lebih pada bumbu kari dengan santan kelapa. Namun Curry Masaman betul-betul berbeda, termasuk rasanya yang khas.

Untuk membuat Curry Masaman, pendapat kenalan asal Thailand, itu sangat mudah. Supermarket di Jerman umumnya sudah menyediakan bumbu kemasan yang langsung mudah diolah. Kembali lagi, siapa pun bisa memasak sekarang dengan tersedianya bumbu kemasan.

Curry Masaman disebut juga “Kaeng Masaman” yang memang memiliki aroma yang berbeda dari jenis Curry lainnya dari Thailand. Curry Masaman menurut kenalan asal Thailand ini adalah kuliner yang berasal dari Thailand Selatan.

Dalam pencarian saya tentang Curry Masaman disebut kisah bagaimana Baginda Raja Rama II yakni Raja Phra Phutthaloetla begitu terkesan dengan kenikmatan Kaeng Masaman. Konon Sang Raja sampai membuat puisi untuk juru masak Kaeng Masaman.

Aromanya yang khas membuat saya ingin mencobanya, apalagi Curry Masaman itu umumnya pedas dan sangat pedas. Rupanya aroma Curry Masaman itu berasal rempah-rempah di dalamnya, termasuk dikenali makanan pedas.

Menurut saya, Kaeng Masaman bisa menjadi pilihan di antara sekian Curry asal Thailand yang mungkin bisa Anda coba. Kuahnya kental. Rasanya kaya rempah dan aromanya khas.

Apakah Anda tertarik ingin mencobanya?