Makanan Khas Italia (43): Cannelloni Isi Bayam dan Keju

Berbagai pasta telah saya ceritakan kepada Anda. Negeri Italia itu kaya sekali dengan kulinernya yang lezat dan terlezat. Bayangkan pasta saja, saya sampai bingung membedakannya karena begitu banyak jenisnya.

Teman saya asal Italia banyak membantu saya menjelaskan ini dan itu. Saya sendiri tak bosan untuk mencobanya pada Anda meski itu terasa asing di lidah saya.

Contohnya adalah Cannelloni yang ternyata ada beragam isiannya. Salah satunya yang akhirnya saya bagikan adalah Cannelloni isi bayam dan keju. Jujur saya tidak pernah membayangkan sebelumnya pasta ditambahkan bayam dan keju.

Bagi saya, sayur bayam diolah untuk makanan nusantara seperti sayur bening saja. Namun saya tidak membayangkan bayam menjadi olahan pasta bersama keju. Lebih tepatnya Frischkäse, yang sedikit terasa asam, banyak kandungan air dan tak banyak lemak.

Secara harafiah kata “Canna” itu berarti tabung. Jadi pasta adalah tabung besar dan tebal yang diberi isian. Cannelloni adalah pasta yang terbuat dari tepung gandum semolina. Ukuran diameter tiga sentimeter.

Cannelloni yang populer adalah isian daging sapi cincang dengan saus seperti saus Bolognese. Namun ada berbagai macam isian sesuai selera pemesan. Ada yang menggunakan daging, ikan hingga sayuran sebelum akhirnya dipanggang di oven.

Cannelloni yang dipesan adalah isi bayam dan keju yang terasa bagi saya aneh. Saya lebih suka isiannya adalah daging sapi cincang dengan saus Bolognese atau saus tomat. Beberapa kali saya menikmati buatan kenalan asal Italia atau kantin kampus.

Apakah Anda juga pernah mencicipi Cannelloni juga?