Bunga Hycinth, Dikira Antara Bunga Eceng Gondok dengan Lili

Warna ungu.

Bunga Hyacinth tumbuh subur di belakang rumah dengan dua warna yang saya bagikan. Ada warna putih dan warna ungu. Saya tanya apa nama bunga tersebut karena bunga ini cukup harum juga.

Dalam Bahasa Jerman bunga ini disebut Hyzinthen atau Hycinth, yang konon dulu masuk dalam Familie Lilieceae karena bentuknya mirip. Rupanya bunga ini dimasukkan kategori yang berbeda dari bunga Lily. Kategori yang dimaksud adalah Hychanthus.

Bunga ini ada bermacam-macam warnanya tidak hanya putih dan ungu. Tersedia warna kuning, merah, merah muda bahkan ada warna yang campuran motifnya.

Di Indonesia bunga ini dikenali berasal dari Eropa, itu betul. Bunga ini termasuk bunga untuk cuaca cerah, yang muncul saat musim panas seperti sekarang ini.

Ada yang warna putih (kiri) juga.

Konon bunga Hycinth ungu melambangkan duka atas cinta. Simbol ini mungkin saja sesuai dengan nama bunga ini sendiri Hycinth yang diambil dari mitologi Yunani, Hyakinthos.

Hyakinthos (dalam aksara Yunani Ὑάκινθος) digambarkan sebagai pemuda cantik. Dia dibunuh oleh Dewa Apollo dengan sebuah senjata. Kesedihan Apollo ini membuat tetesan darah menjadi bunga.

Perkara mitologi ini boleh percaya atau tidak. Yang jelas wangi bunga ini kerap dijadikan pewangi bahan tekstil. Bunga ini biasa diletakkan di antara bahan linen untuk memberi wangi harum.

Oh ya, bunga ini tak hanya di Eropa saja. Di Timur Tengah seperti Iran, Turki atau Israel terdapat aneka varian bunga Hycinth yang cantik.