Makanan Khas Italia (44): Panzerotti atau Panzerotto

Bentuknya sekilas seperti pastel.

Makanan berikut yang saya bagikan pada Anda berasal dari Italia yang terkenal dengan kuliner terlezat di dunia. Bagi saya makanan ini terlihat asing karena biasanya saya bagikan varian pasta, pizza, salad, keju atau dessert enak dari Italia tetapi kali ini sejenis roti panggang. Penasaran ‘kan?

Baca: Borek atau Baklava, Pastry Asal Timur Tengah

Saya mendapati jajanan ini tidak sedang berada di Italia, justru saya mendapatinya di restoran toko mebel asal Swedia. Saya melihat penampakannya yang lezat, mirip seperti pizza tetapi dibentuk seperti pastel, pastry yang dikenal di Indonesia.

Baca: Seperti Pastel, Empanada dari Meksiko

Harganya murah cuma 1€ yang membuat saya kepincut membelinya. Namanya tertera di daftar menu sebagai Panzerotti, tetapi ada juga yang menyebutnya Panzerotto.

Lainnya ada yang menyebutnya Panzerotto. Intinya adalah adonan berbentuk “setengah bulan” yang berisi isian seperti keju, saus tomat, merica atau oregano. Itu isian yang saya dapatkan dari Panzerotti.

Baca: Praktik Buat Pastel Tanpa Minyak Goreng

Isiannya tak lepas dari keju.

Rasa adonannya seperti adonan pizza. Jadi Anda bisa bayangkan ini bentuk lain dari Pizza. Konon hidangan ini berasal dari Italia bagian Selatan. Kata “Panza” sendiri berisi perut karena adonan tepung berbentuk perut.

Baca: Beef Cheberuki, Sejenis Pastel dari Rusia

Saat saya menikmatinya, saya teringat adonan pastel yang ada di Mexico yang bernama Empanada. Bentuknya mirip, hanya berbeda adonan tepung. Untuk Panzerotti pun dimasak dengan dipanggang sedangkan Empanada itu seperti pastel, digoreng.

Panzerotti atau Panzerotto ini mirip seperti Cheberuki juga. Di Neapel isian dan adonannya bisa diganti menjadi daging ham dan telur rebus. Hanya saja pengolahan akhir, Panzerotti mirip seperti Borek atau Baklava asal Timur Tengah yang dipanggang.

Apa Anda tertarik mencoba Panzerotti?