Daffodil, Sejenis Amarilis atau Bunga Bakung yang Mempesona

Berbagai jenis bunga telah saya bagikan pada Anda untuk mendokumentasikan nama-nama bunga yang sebenarnya tak banyak diketahui pun saya sebenarnya abai selama ini. Bahkan saya kini tahu alasan mengapa bunga ini dipakai sebagai simbol seperti bunga Daffodil ini.

Bunga yang sedang saya bahas ini termasuk sebagai bunga bakung yang jenis variannya mencapai lebih dari 100. Bunga bakung yang terkenal adalah bunga Lily yang begitu sering dikenal orang. Jenisnya mirip seperti Narcissus, Daffodil and Jonquil.

Bunga bakung yang menjadi Familie dari bunga Daffodil ini telah menjadi tren budiadaya tanaman hias sejak abad pertengahan. Bunga bakung yang terkenal pada masa itu hingga sekarang adalah Tulip. Itu sebab Belanda dikenal sebagai tanaman komersial bunga tulip.

Di Jerman bunga Daffodil putih ini diberi nama “Narzissen Weiß” yang ternyata di kebun belakang ada juga bunga bakung warna kuning. Bunga ini seperti Amarilis yang menjadi tanaman hias terpenting di akhir musim dingin dan musim semi.

Bunga Amarilis sendiri kini dikembangkan secara hidroponik yang menjadi aktivitas kegemaran pecinta tanaman.

Berbagai literatur menunjukkan bunga Daffodil telah mempengaruhi seni dan sastra dari masa ke masa. Ada yang mengartikan bunga ini sebagai simbol kematian hingga nasib baik. Ada karya sastra yang menempatkan bunga ini dan lainnya yang menempatkan bunga Daffodil dalam lukisan ternama pada abad pertengahan.

Hal menariknya nih, bunga bakung ini menjadi simbol negara Wales. Sedangkan lainnya menempatkan bunga Daffodil ini sebagai simbol organisasi di dunia yang berfokus pada kepedulian penyakit Kanker. Oleh karena itu ada acara penggalangan dana untuk kanker dengan sebutan “Daffodil Days”.

Bagaimana menurut Anda?