Schloss Herrenchiemsee (1): Bagaimana Cara Menjangkaunya?

Kastil tampak kejauhan.

Salah satu wisata yang paling menarik di negara bagian Saya, Bavaria adalah berkunjung ke kastil atau istana yang dulu pernah menjadi kediaman raja dan keluarganya. Itu sebab kalau Anda datang ke Jerman wajib berkunjung ke negara bagian Bavaria yang menyimpan keindahan kastil tersendiri seperti Kastil Neuschwanstein yang konon menginspirasi Walt Disney dalam kartun dongengnya.

Dermaga Prien.

Baca: Kastil Neuschwanstein yang Indah

Kastil Neuschwanstein pun belum selesai dibangun. Pengerjaannya terhalang biaya yang cukup besar, di tengah resesi dunia saat itu. Selain itu, penggagasnya König Ludwig II telah wafat sebelum impiannya selesai.

Kalau tak ingin berjalan kaki, bisa naik delman yang ditawarkan.

Rupanya cerita pembangunan kastil yang belum selesai pun dialami oleh kastil yang saya jelaskan ini. Schloss Herrenchiemsee namanya, lainnya menyebut “Neues Schloss Herrenchiemsee” karena kastil ini dibangun paling akhir selesai. Hal menariknya adalah kastil ini disebut mengopi dari Kastil Versailles di Prancis.

Baca: Kastil Lindenhof yang Mewah Nan Tersembunyi

Pemandangan ke Fraueninsel dari Herreninsel.

Nah, cerita kastil yang dimaksud terbagi berapa bagian. Saya ceritakan bagian satu ini adalah cara menjangkau kastil ini. Sesuai namanya kastil ini berada di pulau Herrenchiemsee yang berada di lokasi Chiemsee.

Mengunjungi pulau Herrenchiemsee seperti menepati janji saya dimana sebelumnya saya pernah mengunjungi Chiemsee tetapi belum berkunjung sepenuhnya. Chiemsee ini adalah danau yang terjadi alamiah sejak ribuan tahun lalu. Di sini ada Fraueninsel atau Pulau Perempuan dan Herreninsel atau Pulau Laki-laki.

Harga tiket masuk.

Baca: Menjelajah Chiemsee

Untuk menjangkau Chiemsee, Anda bisa berangkat dari Kota Munich dimana sebagian besar turis pun bermula dari sana. Umumnya hampir 30 kereta berbagai jenis dari München ke Chiemsee, artinya jalurnya cukup mudah. Perjalanan ditempuh lebih dari 1 jam 12 menit dengan jarak tempuh 67 kilometer.

Ini adalah Augustiner-Chorherrenstift. Dahulu masakan Raja disiapkan di sini sebelum dihidangkan di istana.

Stasiun ke Chiemsee namanya Prien, yang langsung menuju ke dermaga danau. Harga tiketnya mulai dari 14,90€. Rute lainnya yang bisa ditempuh dari Salzburg, Austria. Kalau mau bawa kendaraan sendiri, rutenya mudah dijangkau lewat Tol yang gratis. Parkir mobil lebih dari 4 jam setidaknya kita membayar 5€ per mobil.

Setelah di dermaga Prien, kita membeli tiket untuk kapal penumpang. Tiket bisa dipilih tiket untuk tujuan Herreninsel. Pilihan lainnya adalah tiket ke Fraueninsel atau hanya berkeliling bagi turis. Nanti kita menunggu sesuai jalur yang diinformasikan petugas tiket.

Kapalnya sendiri cukup nyaman. Tersedia bangku di dalam dan di luar (outdoor). Di kapal tersedia kafe yang menjual es krim, minuman dan makanan ringan. Kami datang waktu masa Pandemi sehingga kami diwajibkan memakai masker selama memasuki kapal.

Di Herreninsel terdapat kekayaan botani seperti pohon yang menarik ini.

Begitu tiba di dermaga Herreninsel, kita wajib membeli tiket masuk kastil. Kalau kita hanya berpetualang di Herreninsel pun tak masalah dan tak wajib masuk kastil. Tiketnya 10€ berlaku untuk masuk kastil, museum dan Augustiner-Chorherrenstift. Untuk kastil hanya berlaku sekali pada saat pembelian, tetapi kunjungan lain semisal museum dan Augustiner-Chorherrenstift berlaku 6 bulan.

Di dekat dermaga Herreninsel terdapat restoran dan Biergarten. Perjalanan pengunjung dari lokasi tiket ke kastil bisa ditempuh 20 menit dengan berjalan kaki. Pilihan lainnya adalah delman yang tersedia di situ. Saya lupa berapa biaya per orang untuk naik delman ke kastil.

Saran

  1. Sebaiknya datang di musim panas
  2. Berpakaian yang santai dan alas kaki super nyaman karena banyak berjalan kaki.
  3. Dilarang mendokumentasikan di dalam kastil sebagaimana umumnya kastil di sini.
  4. Taati aturan petugas seperti memakai masker atau mengambil foto-foto selama di kastil.
  5. Dilarang buang sampah sembarangan.

Nah, nantikan petualangan selanjutnya setelah tiba di kastil.