Bagaimana Membedakan Bebek Jantan dan Betina?

Apa aktivitas “me time” yang Anda lakukan kala wiken? Kalau saya, saya sering menghabiskan waktu dengan bersentuhan dengan alam. Saya bisa berjalan ke taman, danau atau hutan kota.

Salah satunya yang menarik untuk saya perhatikan, selain jenis bunga-bunga yang sering dibicarakan adalah makhluk hidup lainnya. Sebut saja bebek yang kadang memenuhi pinggir danau di Jerman.

Selintas mereka tampak indah dalam kelompok kawanannya, tetapi bagaimana kalau mereka sedang sendirian? Pertanyaan suami ke saya, apakah saya bisa membedakan bebek jantan dan bebek betina?

Ya, mungkin dulu saya pernah mempelajari di sekolah tetapi saya sudah lupa dan meninggalkan pengetahuan itu. Namun suami saya tidak. Dia kemudian menjelaskan dengan baik perbedaan jenis kelamin pada bebek.

Bebek jantan memiliki bulu dan paruh yang berbeda dari pada bebek betina. Kalau diperhatikan, warna bulu dan paruh bebek jantan lebih berwarna ketimbang bebek betina. Bebek betina memiliki warna yang kusam.

Kalau Anda melihat foto bebek paling kanan yang disertakan di atas, bebek tersebut tampak memiliki kepala berwarna hijau mengkilap. Dengan ciri yang tampak jelas seperti ini, bebek ini mudah dikenali sebagai bebek jantan.

Begitu mudah untuk mengenali bagian kepala dan paruh. Pada bebek jantan punya paruh yang berwarna kuning cerah, sedangkan bebek betina punya paruh warna oranye atau cokelat.

Oh ya perbedaan yang paling mencolok lainnya dari kedua bebek berbeda jenis kelamin adalah suara. Bebek betina memiliki suara yang nyaring dibandingkan bebek jantan.

Nah, apakah Anda punya pendapat lain soal ciri-ciri bebek betina dan bebek jantan?