Tips Untuk Anda (41): Memasak Ayam Goreng Pakai Oven yang Praktis

Sebelum tinggal dan menetap di Jerman, saya benar-benar tidak tahu bagaimana membuat ayam goreng ala ibu saya di rumah. Kemudian saya putuskan membeli ayam yang sudah berbumbu di supermarket di Jerman untuk mengobati rasa rindu makan ayam goreng.

Karena alasan sepele tak tahu bagaimana mengolah daging ayam sehingga menghasilkan ayam goreng yang enak, saya putuskan belajar memakai bumbu kemasan ayam goreng dari Indonesia. Saya ikuti langkah-langkahnya sehingga saya pun sudah berhasil membagikan pengalaman saya tersebut pada Anda di cerita ini.

Nah, saya semakin penasaran bagaimana orang-orang di sini termasuk ibu mertua memasak ayam saat dia menyajikan pada saya. Pada akhirnya saya bagikan pengalaman membuat ayam, bisa disebut ayam goreng tetapi menggunakan oven.

Pastinya ayam goreng ini sama lezatnya dan tidak memerlukan banyak minyak goreng loh. Cara membuatnya pun mudah. Karena tiap rumah tangga di Jerman punya oven maka ayam goreng ini bisa kita buat dengan mudah.

Pertama, pilih daging paha ayam ukuran XXL di supermarket di Jerman. Pilihan daging paha ayam tersedia yang beku atau yang masih fresh. Keduanya sama baik dan bagus pula kualitasnya.

Bumbu yang dipergunakan adalah 1 sendok garam; 1 sendok bawang putih bubuk; 1 sendok bawang yang dikeringkan dan halus; 2 sendok teh bubuk paprika; 1 sendok cabai kering bubuk; dan 3 sendok minyak goreng. Campurkan semuanya sehingga menjadi satu adonan yang solid.

Oleskan dengan kuas atau tangan pada keseluruhan permukaan daging paha ayam. Setelah keseluruhan daging paha ayam dilumuri bumbu, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu.

Panggang selama 45-60 menit untuk daging paha ayam fresh. Sedangkan untuk daging paha ayam beku bisa dipanggang selama 90 menit agar benar-benar masak. Panggang dalam suhu 200 derajat celcius atau 220 derajat celcius.

Selesai memanggang, biasanya paha ayam dimakan bersama kentang goreng atau nasi sesuai selera. Jangan berharap sambal atau saus untuk kebiasaan orang-orang di sini! Anda bisa menyesuaikannya sesuai selera.

Selamat mencoba!