Makanan Khas Rusia (4): Zupfkuchen, Kombinasi Cokelat dan Keju yang Perfect

Kue berikut adalah Russische Zupfkuchen yang saya dapatkan di Jerman. Saya berusaha mencari apa nama asli kue tersebut dalam Bahasa Rusia, tetapi tidak menemukannya.

Zupfkuchen kadang mengacu pada roti atau pancake bermotif polkadot seperti tampilan kue tersebut. Zupfkuchen kadang mengacu pada pancake biasa, sehingga berbeda dengan tampilan kue yang saya ceritakan berikut.

Ada yang mengatakan ejaan lama berdasarkan sejarah, nama kue ini adalah “rösches Brod” yang berarti “Roti Rusia” tetapi istilah lain merujuk “Rösch” yang berarti berkerak atau renyah.

Dibalik penamaan tersebut, nyatanya saya sudah beberapa kali mencobanya. Menariknya saya belum pernah mendapatkannya langsung dari kenalan asal Rusia. Kenalan asal Rusia malahan membawa kue jenis lainnya.

Zupfkuchen ini kini mudah ditemukan dalam berbagai kemasan kue bolu yang sudah siap saji. Sejumlah kenalan asal Jerman mendorong saya untuk mencobanya. Hmm, ternyata enak.

Kue ini boleh dibilang perpaduan kombinasi cokelat dan keju. Seorang teman di sini mengajari saya membuatnya dengan mudah. Pertama kita perlu membuat adonan kue cokelat yang terbuat dari bubuk kakao.

Isian berwarna itu terasa keju yang bisa diperoleh dari Quark dengan sedikit rasa lemon. Tak lupa mengambil sisa adonan kue dasar rasa cokelat untuk membuat dekorasi.

Konon resep kue ini telah ada sejak lama di Jerman Timur, sebelum Jerman Bersatu. Lucunya nama kue ini di Rusia disebut sebagai “Kue Quark Jerman”.

Sebenarnya kue ini berasal dari mana Jerman atau Rusia, tidak menjadi masalah. Hal terpenting adalah strategi memasarkannya agar orang-orang menyukainya.

Setelah mendapatkan penjelasan bagaimana membuat kue ini, saya belum memenuhi janji pada kenalan saya untuk memanggangnya. Cukup saya membeli yang sudah “Ready to eat” sehingga saya bisa menikmatinya.

Next time, mungkin saya akan mencoba resep ini atau resep kue-kue lainnya. Bagaimana menurut Anda?