5 Cara Praktis Atasi Stress

Stres adalah bagian dari kehidupan. Ketika sesuatu di luar rencana, kita bisa mendapatkan stres. Ada stres yang baik dan bermanfat untuk tubuh semisal stres membantu fungsi kongnitif kita bekerja.

Namun kebanyakan stres menjadi berdampak negatif bahkan “Stress Killer” menjadi julukan dimana stres tidak bisa dikendalikan lagi. Tiap orang punya cara masing-masing dalam mengelola stres yang disebut Stress Management.

Ngomong-ngomong soal Stress Management berikut ada 5 cara sederhana atasi stres:

1. Berhenti sejenak dari rutinitas dan tidur berkualitas

Diri sendiri yang paling tahu sejauhmana beban tubuh bisa mengendalikannya. Kita tahu kapan saat Break atau saat kita ingin berhenti sejenak dari rutinitas.

Di tengah kecepatan modernitas dunia saat ini, keseimbangan hidup itu ada di tangan anda. Anda ingin berjalan lambat atau cepat. Semua pada pilihan anda. Anda pun juga punya pilihan untuk tetap sehat dan sejahtera asalkan apa yang dijalani itu seimbang.

Berhenti bukan berarti malas atau tidak bisa. Berhenti sejenak berarti Anda sayang pada diri sendiri, termasuk meluangkan waktu tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas berdampak pada semua segi kehidupan. Apalagi saat stres, jangan kurangi waktu tidur yang berharga!

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Setelah Pandemi berangsur-angsur berakhir, dunia seperti diingatkan betapa berharganya kesehatan. Padahal sehat berawal dari makanan yang bergizi dan bernutrisi. Siapa yang menentukan makanan bernutrisi? Diri sendiri.

Agar tetap sehat, saya siapkan sayur dan buah. Untuk makan dan minum, saya atur kadar gula agar tidak berlebihan. Jika selama ini saya makan sembarang seperti junk food dan makan terburu-buru saat makan siang, kini saya bisa makan bernutrisi sesuai selera dan tanpa terburu-buru.

Makanan juga menentukan tingkat stres yang dialami tiap hari. Bahkan saat stres bisa jadi kita malas makan atau menunda waktu makan yang justru memperparah situasi stres kita. Stres bukan berarti kita melupakan kebutuhan dasar yakni pola makan yang sehat dan bernutrisi.

3. Lakukan hobi atau kegemaran

Stres juga bukan berarti menghilangkan kebiasaan baik melakukan hobi atau kegemaran. Kita bisa tetap melakukannya meski sedang stres. Mengapa? Aktivitas seperti hobi bisa meningkatkan suasana hati yang lebih positif.

Saat stres, tubuh perlu bergerak melakukan aktivitas yang membangkitkan motivasi. Seperti artikel saya sebelumnya tentang manfaat menari untuk mengendalikan stres. Menari bukan sekedar hobi atau aktivitas kegemaran saja loh.

4. Berjalan menikmati alam

Berjalan menikmati alam itu memberikan pengalaman positif. Bayangkan saya akan bahagia berjalan-jalan ke hutan atau taman kota yang gratis karena itu adalah aktivitas yang bermakna. Saya melihat banyak tetangga saya melakukannya.

Hasil penelitian menunjukkan berjalan menikmati alam dua jam itu memberikan dampak kepuasan hidup dan kebahagiaan juga. Bagaimana pun alam itu menawarkan program kehidupan yang gratis bisa sebagai terapi, inspirasi hingga mencari sensasi kesunyian.

5. Mendengarkan atau bermain musik

Tiap orang punya genre musik kesukaan, apalagi jika seseorang stres. Mendengarkan musik memberikan pengalaman positif termasuk suasana hati. Musik tertentu bisa menenangkan dan memberi relaksasi. Di sisi lain, musik lainnya bisa membangkitkan semangat.

Tentu tak hanya mendengarkan musik saja, bagi Anda yang bisa bermain musik, ini adalah pengalaman yang sangat berarti dan emosional. Sebagian teman yang bisa bermain musik seperti memainkan piano atau bermain gitar akan memilih melakukannya saat mereka stres.

Dari kelima tips di atas, mana yang biasa atau paling sering dilakukan?

One thought on “5 Cara Praktis Atasi Stress

Comments are closed.