Makanan Khas Jerman (104): Zander gebraten mit Kartoffeln

Menu ikan berikut memang tampak berbeda dari kebanyakan ikan yang dinikmati. Biasanya ikan yang saya nikmati di sini selalu bertepung, tetapi ini tidak.

Selain itu, umumnya ikan dimakan di sini tanpa tulang dan tanpa kulit. Namun ikan Zander berbeda, dia memiliki sedikit tulang dan dimasak bersama kulitnya.

Ikan Zander yang diolah bersama kulitnya konon menghasilkan rasa yang renyah. Dagingnya yang putih, lembut dan beraroma khas bisa diolah berbagai macam, tidak hanya digoreng saja. Ikan Zander ini bisa dikukus juga loh.

Kalau orang yang ahli memasak, biasanya tahu bagaimana menggoreng ikan ini sehingga menghasilkan ikan yang nikmat.

Pertama, kita harus menempatkan ikan ini dengan sisi kulit terlebih dulu menghadap ke dalam wajan. Masaklah dengan api sedang selama 7-8 menit.

Ini adalah pesanan saya bersama ibu mertua kala kami makan siang bersama. Ikan Zander goreng dihidangkan bersama kentang rebus saja, disertai sedikit salad sayuran.

Ngomong-ngomong ikan Zander juga enak kalau dipanggang juga loh. Aromanya yang khas saat dipanggang jelas menggugah selera. Biasanya ikan Zander panggang dinikmati bersama roti.

Nah tertarik mencoba ikan Zander?