Passau, Jerman (6): Severintor yang Dibangun 1412

Kota Passau dikenal sebagai Kota Tiga Sungai yang disebut dalam Bahasa Jerman sebagai “Dreiflüssestadt” yang letaknya berada di Niederbayern. Ketiga sungai yang mengelilingi Passau antara lain: Sungai Danube, Sungai Inn dan Sungai Ilz.

Sudah tak asing, saya menceritakan tentang kota ini yang suda exist sejak keberadaan kekaisaran Romawi.

Jejaknya bisa kita temukan dalam berbagai peninggalan di Museum yang terletak di Kota Tua tersebut, seperti gerbang bersejarah berikut ini.

Gerbang tua itu dikenal dengan Severintor yang dahulu dianggap sebagai pintu masuk sebelah Barat dari Sungai Inn. Letaknya memang dekat dengan benteng pertahanan di situ.

Sebetulnya Severintor tidak hanya dikenal di Kota Passau saja, ada juga di kota lain seperti Köln misalnya.

Bentuknya yang mirip dan dianggap sebagai gerbang kota, memang telah ada sejak Abad Pertengahan. Pada masa itu Eropa memang terjadi pembangunan besar-besaran yang menandai peradaban baru.

Catatan lain menyebutkan bahwa Severintor selalu dikaitkan dengan paroki yang mengambil nama pelindung Santo Severin.

Konon Santo Severin seorang kudus pernah hidup di Abad 5 Masehi. Literatur menyebutkan bagaimana profil hidupnya yang berasal dari Italia. Semasa hidupnya didedikasikan bagi pelayanan dan kemuliaan Tuhan.

Apa kaitan Santo Severin dengan Severintor?

Rupanya Santo Severin pernah hidup di wilayah Passau semasa hidupnya. Dahulu Passau termasuk kota gerbang yang mengalami masa kejayaaan di masa kekaisaran Romawi.

Untuk menghormati Santo Severin di Passau memang terdapat Gereja Santo Severin, yang letaknya tak jauh dari Severintor. Severintor menandai tembok kota yang dibangun pada tahun 1400-an.

Severintor pernah direnovasi untuk membuatnya bertahan lebih lama pada tahun 1980-an. Pemeliharaan ini untuk memperkuat peninggalan bersejarah, kekaisaran Romawi yang ada di Passau.

Jadi Severintor telah dibangun pada tahun 1412, seperti prasasti yang tercetak di situ. Mungkin jutaan atau tak terbilang banyaknya orang yang melewati Severintor tetapi tidak memperhatikan itu.

Severintor telah merekam berbagai peristiwa dunia yang tak terbilang jumlahnya dan tak terkatakan.

Bagaimana menurut Anda?