Erntedankfest: Semacam Thanksgiving di Jerman

Thanksgiving atau istilah perayaan ucapan syukur banyak dipahami berasal dari negeri Paman Sam. Seperti saya yang pernah berteman dan bekerja di lingkungan orang-orang Amerika menganggap perayaan ini adalah milik mereka.

Rupanya Jerman sendiri juga mengenal perayaan Thanksgiving, yang disebut dalam Bahasa Jerman sebagai “Danksagung” untuk penerjemahannya.

Baik Thanksgiving maupun Danksagung sama-sama jatuh di Kamis Minggu ke-4 di bulan November tiap tahun. Pastinya perayaan tersebut selalu dirayakan di bulan November.

Bedanya adalah orang-orang Amerika masih mempertahankan tradisi tersebut, meski tidak semua sedangkan bagi kami di sini sudah tidak lagi.

Ada pula istilah Thanksgiving dengan sebutan Erntedankfest yang baru-baru ini saya baca di salah satu buletin milik gereja di sini. Mereka ingin mengajak umat berperan lewat acara Erntedankfest tersebut.

Di negeri Paman Sam tradisi Thanksgiving melibatkan pemerintah bahkan menjadikannya hari libur untuk merayakannya. Mereka punya makanan khusus untuk disantap.

Sedangkan bagi orang-orang di sini rasanya tak ada hari libur untuk Erntedankfest sampai membuat hari istimewa untuk orang tidak bekerja. Acara Erntedankfest cukup dirayakan saat Wiken yang selalu menjadi hari untuk keluarga.

Baik Thanksgiving atau Erntedankfest sama-sama mengajak orang-orang untuk bersyukur atas kehidupan, yang semula dianggap sebagai ucapan syukur atas panen (=Ernte, dalam Bahasa Jerman).

Tak hanya sekedar makan atau berdoa bersama, Thanksgiving atau Erntedankfest adalah cara kita memaknai arti keluarga. Kembali lagi bagaimana saya menegaskan bahwa orang-orang di sini begitu Family-oriented, meski makna keluarga telah bergeser dengan arus zaman.

Beberapa waktu lalu saya mewawancarai teman asal Cina dan Korea Selatan bagaimana mereka merayakan Tahun Baru sebagai perayaan kumpul keluarga, meski lokasi tinggal telah berjauhan. Itu sebab mereka mengusahakan mudik untuk bertemu keluarga.

Kembali ke Thanksgiving atau Erntedankfest bahwa keluarga berperan penting untuk menumbuhkan nilai-nilai yang membentuk seseorang. Selain Natal, Thanksgiving atau Erntedankfest adalah cara orang-orang di sini merayakan kebersamaan dalam keluarga.

Kapan biasanya Anda merayakan makan-makan dan berkumpul dengan keluarga Anda?