Makanan Khas Jerman (107): Kartoffelpüree mit Fischstäbchen

Makanan berikut ini seputar kentang yang jadi salah satu makanan pokok di Jerman. Namanya Kartoffelpüree yang kadang buat saya semacam kentang tumbuk.

Kartoffelpüree itu berbeda dengan salad kentang, yang disebut Kartoffelsalat atau kentang keju, yang disebut Kartoffelkäse. Untuk melihat perbedaannya, sila cek Link yang ditautkan.

Nah, tentu Anda penasaran bagaimana membuat kentang tumbuk ini. Ini bisa menggantikan bubur sebagai bahan makanan alternatif.

Untuk membuat Kartoffelpüree, kita butuh kentang yang diinginkan. Ingat kentang di Jerman ada perbedaannya. Kentang untuk sup atau salad bisa jadi berbeda untuk kentang tumbuk.

Pertama rebus kentang yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil dengan garam. Masak hingga benar-benar empuk.

Siapkan panci berisi susu, sesuaikan dengan berapa banyak kentang yang dibutuhkan. Misal Anda punya 8 kentang ukuran sedang, maka Anda butuh 0,25 liter susu.

Masukkan mentega ke dalam susu dan kentang yang sudah direbus. Haluskan dengan alat khusus atau sendok sayur. Bumbui dengan garam dan merica.

Ada resep lainnya yang memasukkan kuning telur saat mengahaluskan kentang sehingga tampilan Kartoffelpüree benar-benar kuning yang cantik.

Untuk Fischstäbchen, Anda bisa membelinya di supermarket yang sudah matang. Tentu ini cara yang praktis, murah dan mudah.

Untuk resep membuat ikan bertepung, bisa cek pembuatannya di Link yang ditautkan.

Sajikan kentang tumbuk bersama ikan tepung goreng selagi hangat. Hmm… bagaimana menurut Anda?