Makanan Khas Jerman (108): Maultaschensuppe

Siapa yang tak kenal siomay? Makanan kegemaran sejak saya masih duduk di bangku sekolah ini begitu mengesankan sebagai street foods di Indonesia.

Anda bisa mengecek bagaimana pengalaman saya membuat siomay saat saya pindah ke Jerman. Alhasil siomay telah menjadi cara saya berkomunikasi dengan teman bangsa lain semisal Jerman, tentang dumpling asal Indonesia tersebut.

Dumpling atau pangsit rupanya juga ada loh di Jerman. Di area Schwäbisch terdapat makanan semacam pangsit yang disebut Maultaschen.

Baca: Makanan Jerman Semacam Siomay

Menurut dialek setempat kata “Maultaschen” merujuk pada “tas yang berisi” dan memang isian asli pangsit tersebut bisa bermacam-macam.

Berdasarkan literatur kata Maultaschen itu disebut sudah ada dalam dongeng Grimms Brother. Lainya berpendapat kalau Maultaschen disebut menggantikan kata “Ravioli” sejenis pangsit dari Italia.

Saya sendiri sudah pernah membahas Maultaschen saat memesan makanan di kantin kampus. Hanya saja pesanan saya tersebut diolah seperti pasta dengan saus pedas.

Baca: Resep Buat Somay Dari Salmon

Kali ini saya ajak Anda mencicipi Maultaschensuppe, di mana pangsit tersebut dijadikan sup. Tentu saja agar cocok dengan kuah rasa daging sapi, maka isiannya pun diberi isian daging sapi.

Luar biasa saya menikmatinya saat musim dingin seperti sekarang. Kalau Anda malas dan tak tahu cara membuatnya, Anda bisa membelinya di supermarket. Lalu kemudian Anda bisa merebus seperti semangkuk bakso.

Jadi kalau Anda datang ke Jerman, Anda bisa menikmati sup dumpling yakni Maultaschensuppe dengan isian sesuai selera juga.

Apakah Anda tertarik mencobanya?