Regensburg (3): Katedral St. Petrus yang Dibangun Sekitar Tahun 700 tetapi Dibuka Tahun 1550

1. Jendela yang penuh ornamen; 2. Tampak samping; 3. Sisi Altar.

Di Masa Advent ini saya akan menampilkan gereja-gereja yang dikunjungi beberapa waktu lalu, seperti Katedral St. Petrus yang berada di pusat kota Regensburg. Ketedral ini pernah saya bahas sebelumnya waktu kedatangan pertama saya di Jerman, dengan cek pos ini.

Ketika saya mengunjungi Regensburg ke sekian kalinya, saya bermaksud menceritakan ulang Katedral bergaya arsitektur Gothik tersebut. Lokasinya masuk dalam Keuskupan Regensburg dan masih aktif hingga sekarang melayani umat.

Di Katedral ini tersimpan juga jejak Santo Pelindung Regensburg, Santo Erhard. Di salah satu sudut Ketedral ini tersimpan relikui dari Santo Erhard tersebut. Tak hanya itu, ada pula jejak relikui lainnya dan peninggalan bersejarah jejak kekaisaran romawi juga dapat ditemukan ruang bawah tanah.

1. Patung Ludwig I yang berkuda, Raja dari Bavaria; 2. Bagian pintu utama yang tertutup karena renovasi. 3. Bagian belakang Gereja.

Katedral ini telah menyimpan berbagai sejarah peradaban manusia karena telah dibangun sejak tahun 700, yang jejaknya terlihat di bagian barat Katedral. Catatan dokumentasi memperlihatkan waktu itu jaman Santo Bonifasius yang mengepalai Katedral, yang sebelumnya hanya aula besar saja. Catatan lain menunjukkan bahwa Katedral pun pernah terbakar.

Pemugaran bangunan gereja bergaya Gothik seperti pada umumnya Gereja-gereja di area tempat tinggal saya yang terjadi pada abad pertengahan, membuat Gereja ini menjadi sentra pelayanan umat di masa itu.


1. Bagian bawah tanah; 2. Sisi tengah; 3. Sisi samping bagian dalam Gereja.

Pada akhirnya pembangunan Katedral tak lepas dari campur tangan perkembangan umat di masa itu yang bertambah plus perlu renovasi juga. Katedral dibuka resmi tahun 1550, meskipun pembangunannya tak pernah usai. Seperti saat kami datang, Katedral masih direnovasi.

Pada abad 14, Katedral ini memilih Santo Petrus sebagai pelindungnya setelah meletakkan figurnya di bagian Timur. Dengan simbol patung Raja Ludwig I dari Bavaria yang menunggang kuda yang terletak di depan Katedral, Katedral ini kerap menjadi tujuan wisatawan berbagai dunia.

Ketika suhu udara yang sangat terik di musim panas kala kami datang seolah datang ke sini memberikan kesejukan. Ribuan tahun pembangunannya telah menorehkan catatan peradaban dan perkembangan umat dari masa ke masa.

Bagaimana persiapan Minggu Advent ke-3 Anda?