Makanan Khas Balkan (7): Panggang Hati Sapi

Menu hati sapi yang biasanya saya masak adalah balado kentang yang pakai hati sapi. Menu pedas khas nusantara ini begitu mudah saya masak.

Di Jerman saya belum pernah menemukan bagian jeroan seperti hati sapi untuk makanan. Bagian jeroan hewan bukan hal umum dijual.

Saya justru menikmati menu hati sapi di Restoran Yunani. Menu hati sapi panggang menjadi makanan istimewa untuk saya.

Baca: Menu Hati Sapi Panggang di Restoran Yunani

Boleh dibilang menu Yunani dengan area Balkan mirip, termasuk panggang hati sapi ini. Karena penasaran, saya memesannya kemudian bertanya pada kenalan asal Kroasi pembuatannya.

Sebaiknya hati sapi ini tidak diberikan garam sebelum dipanggang karena itu akan membuatnya keras dan tak enak dimakan seperti liat begitu.

Jika bagian hati ini ingin dinikmati hingga hari berikutnya, sebaiknya merendamnya dengan susu dan menyimpannya di lemari es.

Baca: Menu Makan Siang di Kroasia

Konon susu menghilangkan zat pahit dan hati menjadi lebih lembut dan masih enak untuk dinikmati.

Saran kenalan saya, bumbu yang digunakan hanya bawang putih, perasan jeruk lemon, oregano dan merica. Gunakan garam setelah dipanggang.

Jika Anda tahu memanggang dan punya alat pemanggang terbaik, sila digunakan. Namun Anda juga bisa menggunakan wajan sedikit minyak untuk memanggangnya.

Begitulah saran dari kenalan saya tentang mengolah hati sapi. Kebetulan dia bekerja di restoran yang terbiasa mengolah makanan.

Bagaimana pengalaman Anda mengolah hati sapi?