Makanan Khas Asia (92): Congee, Bubur Nasi dari Thailand

Memiliki banyak kenalan dari berbagai negara mewarnai rasa makanan saya. Saya kadang bertukar makanan dengan teman negara lain sehingga saya memahami betul bagaimana mengolah dan menikmatinya.

Soal bubur ayam saja, kami kadang membahas bersama. Saya ceritakan kalau bubur ayam kadang saya nikmati kalau sedang sakit. Namun sebenarnya bubur ayam juga street foods di Jakarta.

Baca: Bubur Nasi di Vietnam Begini Penampakannya

Orang-orang di Jakarta seperti saya umumnya bisa menyantap semangkuk bubur ayam sebagai sarapan pagi. Ada yang menyebutnya bubur nasi, tetapi saya lebih suka menyebutnya bubur ayam karena diberikan suwiran ayam sebagai topping.

Ngomong-ngomong soal bubur ayam di pagi hari, rupanya tidak hanya orang Indonesia saja loh. Saya pernah menyambangi negara tetangga pun menikmati bubur ayam sebagai sarapan pagi.

Baca: Di Swedia Ada Bubur juga loh

Obrolan pun berlanjut dengan kenalan asal Thailand dan Cina yang bertemu di sini yang membahas semangkuk bubur ayam. Mereka pun mengamini kalau bubur ayam pun menjadi sarapan pagi di Cina dan Thailand.

Selang beberapa hari kami diundang menikmati semangkuk Congee atau rice porridge dari Thailand tersebut. Kata teman Thailand ini kalau Congee biasa disajikan di tiap rumah tangga di Thailand sehingga menjadi makanan favorit keluarga.

Baca: Begini Penampakan Bubur di Mesir

Buat orang-orang Thailand tidak bisa menyebut sebagai bubur ayam seperti saya menyebut bubur nasi karena Congee umumnya dibuat dari daging babi. Meski begitu ada juga yang diberi topping daging ayam sesuai selera.

Perbedaan lainnya Congee tampak begitu encer dan memakai telur mata sapi. Kadang telurnya pun tampak masih setengah matang yang dicampurkan bersamaan bubur ayam.

Baca: Bubur Nasi di Tiongkok

Karena penasaran dengan Congee, saya meminta teman ini menuliskannya dengan aksara Thailand. Jadinya Congee ditulisnya seperti โจ๊ค yang bisa disebut juga Jok.

Bubur nasi Thailand juga diberikan suwiran jahe untuk menghangatkan tubuh, irisan daun ketumbar atau daun mint serta bawang goreng.

Baik saya maupun teman asal Thailand ini mempercayai kalau bubur nasi ini adalah makanan sehat untuk stamina tubuh kalau sedang sakit.

Apa Anda tertarik menikmati semangkuk bubur nasi dari Thailand?