Makanan Khas Balkan (8): Rasnici-(Ražnjići) yang Seperti Sate dari Serbia

Serbia adalah salah satu negara di Balkan yang mungkin banyak tak dikenal. Serbia ini adalah salah satu pecahan negara Yugoslavia. Kini negara tersebut menjadi 7 negara yang terpisah, termasuk Serbia.

Nama makanan yang saya jelaskan semacam sate dari Serbia. Sebelumnya saya sudah menjelaskan perbedaan sate asal Italia dan sate asal Vietnam, yang bisa dicek di pos sebelumnya.

Baca: Sate Berbeda dari India, Jerman, Jepang dan Yunani

Menu berikut bernama Ražnjići atau mudahnya disebut Rasnici. Konon makanan ini juga populer di kalangan etnis Serbia – Kroasia. Itu sebab ada makanan ini tersedia juga di restoran Kroasia.

Ketika terjadi perpecahan etnis melanda Yugoslavia, Jerman menjadi salah satu tujuan mereka untuk mencari penghidupan baru. Kuliner asal Balkan pun diperkenalkan.

Baca: Berkunjung ke Split, Kota Terbesar Kedua Kroasia

Jika menyimak kuliner ini, sebenarnya bentuk dan tampilannya sama seperti kuliner asal Yunani yang bernama Souvlaki atau Souflaki, yang bisa dicek di link yang ditautkan.

Di Jerman ada pula sate yang mirip yang ditusukkan pakai bilah besi, namanya Schaschlik. Daging tanpa lemak ditusukkan dalam bilah besi kadang diselipkan bawang dan paprika.

Sebagian besar Ražnjići dibuat dengan daging babi, daging sapi muda, domba atau ayam. Makanan ini biasa menjadi hidangan sehari-hari. Daging dipotong berbentuk kotak yang dipanggang mirip seperti sate di Indonesia.

Perbedaannya adalah soal sambal pelengkap. Bumbu yang diharapkan pada Rasnici adalah Ajvar dan bawang mentah.

Sate yang kita kenal di Indonesia menggunakan sambal kacang, seperti sate ala Vietnam. Kebanyakan adalah sambal kecap yakni menggunakan cabai dan bawang mentah yang diiris kemudian diberi kecap manis.

Apa Anda tertarik mencobanya?