Bowle: Es Buah, Punch atau Cocktail di Jerman

Ada hal menarik saat tradisi Malam Natal atau Heiligabend dalam Bahasa Jerman dan Malam Tutup Tahun atau Silvesternacht dalam Bahasa Jerman yang biasanya dirayakan keluarga kami di sini, yakni menikmati secangkir Bowle.

Saat ibu mertua menyajikannya, dia bertanya apakah saya suka Bowle? Rupanya Bowle bukan hal asing buat saya yang suka es buah. Namun ini bukan sembarang es buah loh.

Suami saya sepertinya tidak suka Bowle, sementara saya senang sekali meski itu disajikan di malam di musim dingin. Kami biasanya menikmatinya saat Heiligabend atau Silvesternacht bersama-sama keluarga.

Bowle disebut juga Punch yang berisi minuman aromatik berisi buah-buahan yang disajikan dingin. Untuk buah-buahannya tentu disajikan sesuai selera. Kita bisa membuat sendiri atau membeli buah kemasan yang sudah tersedia di supermarket.

Biasanya Bowle juga mengandung Alkohol, yang berarti airnya bisa dicampurkan minuman anggur putih atau Sekt. Sekt itu dapat disebut Sparkling wine dalam Bahasa Inggris.

Kembali lagi sesuai selera, ada juga Bowle yang memang tidak mengandung alkohol sehingga Anda bisa mengganti airnya dengan sparkling water atau air berkarbonasi.

Bowle disajikan dalam mangkuk besar dengan warna buah. Itu sebab disebut Bowl, yang diartikan sebagai mangkuk besar. Minuman ini dianggap sebagai minuman untuk merayakan sesuatu seperti Malam Natal (=Heiligabend) atau Malam Pergantian Tahun (=Silvesternacht).

Berdasarkan literatur Bowle ini sudah ada sejak abad 15 di mana ada resep racikan membuat Bowle dari anggur, air sari mawar, madu dan lainnya.

Hal membedakan Bowle dengan es buah adalah Bowle tidak terdapat es batu. Karena memang disajikan beberapa jam sebelum disajikan dan diletakkan di luar rumah di musim dingin, Bowle menjadi dingin.

Cara lain kita bisa menciptakan es batu dari sari buah yang dicetak menjadi es. Es batu yang demikian, tidak hanya memang menjadi isian buah tetapi juga menjadi dekorasi yang cantik pada Bowle sendiri.

Hmmm, bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s