Salzburg, Austria (10): Sphaera, Karya Seni di Pusat Kota

Salzburg dikenal sebagai pusat seni. Tidak hanya dikenal sebagai Kota Mozart saja, Salzburg ingin menampilkan citra seni dunia yang memikat wisatawan.

Tiap tahun Salzburg dikunjungi banyak wisatawan yang menyaksikan opera musik atau sekedar berwisata menikmati alamnya sehingga ini pula yang mungkin mendasari pemerintahnya mengundang seniman terkemuka untuk membuat karya seni.

Dari sekian proposal yang masuk, terpilihlah salah satunya seniman asal Jerman, negeri tetangga Austria. Karya itu yang kini dinikmati di pusat kota Salzburg.

Ya, namanya Sphaera yang berupa bola berlapis emas seberat 2 ton. Manusia itu tampak kecil di atas bola emas yang menghadap ke atas. Dia adalah pria berbahan perunggu dengan celana panjang hitam dan kemeja putih.

Entah apa yang menjadi dasar pemikiran Stefan Balkenhol, sang Pematung asal Jerman membuatnya. Pria ini bisa siapa saja yang digambarkan sebagai manusia setinggi 9 meter.

Pertama kali melihatnya di Salzburg saya tertegun sesaat. Apa maksud karya seni ini? Kadang-kadang orang menyebutnya sebagai Mozartkugelhof untuk meeting point turis.

Begitulah karya seni yang memenuhi Kota Salzburg yang dipilih pemerintah untuk menarik wisatawan berbagai dunia.

Bagaimana menurut Anda tentang karya seni ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s