Makanan Prancis (6): Mini Éclairs au chocolat

Kuliner berikut bukan kuliner biasa karena ini sejenis pastry yang bisa memanjakan lidah Anda mungkin. Musim dingin menikmati secangkir kopi dan kue cokelat ini. Aduhai nikmatnya!

Adalah Èclairs au Chocolat yang dibuat mini, yakni pastry asal negeri tetangga Prancis dan juga Belgia yang membuat kue ini benar-benar lezat dengan isian vanilla dan lapisan cokelat di bagian topping.

Bentuk pastry ini lonjong yang menyerupai kantong kue karena bisa diisi dengan berbagai selera sesuai peminat. Tentu isian diberikan setelah dingin seperti krim atau custard.

Kalau di Indonesia menurut saya ini seperti kue soes karena bentuknya seperti tampilan kantung kue, di mana kita bisa memberikan krim sehingga kadang pastry ini disebut crème pàtissière.

Pastry ini berasal dari Prancis sejak abad 19 yang kemudian menyebar ke Eropa hingga Amerika dan Asia. Nama èclair digemari karena rasa kantung kue di dalamnya.

Bentuknya yang kecil seperti kelebatan kilat membuat nama kue ini disebut èclair sehingga variasi berikutnya dengan memberi lapisan cokelat yang sungguh nikmat sekali.

Jadi Anda bisa mendapatkan kue ini dengan mudah tanpa harus ke Prancis karena kue ini pun sudah mendunia.

Hmmm..tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s