Makanan Khas Asia (93): Tamagoyaki, Omelet dari Jepang yang Berasa Manis

Berbagai makanan asal Asia yang variatif banyak saya jumpai setelah saya berkenalan dengan teman-teman mahasiswa yang berasal dari berbagai bangsa. Salah satunya adalah teman dari negeri matahari terbit.

Suatu kali kami janjian untuk masak makanan khas Jepang setelah saya menyajikan makanan Indonesia yang membuat dia terkesan karena makanan tersebut begitu pedas.

Saya baru tahu kalau kebanyakan orang-orang Jepang tidak suka makanan yang pedas seperti negeri tetangganya Korea Selatan misalnya. Saya yang mendengar cerita dia termangut-mangut.

Teman saya pun menceritakan bagaimana mereka – orang-orang Jepang – ini lebih banyak makan makanan yang berasa manis. Seperti telur yang diberi gula, bukan garam yang biasanya dimasak oleh kebanyakan orang umumnya.

Tamagoyaki terhidang di depan saya, di meja. Hanya telur dadar biasa yang digulung dan dipotong seperti rolade tetapi berasa manis. Tamagoyaki boleh dikatakan seperti omelet dalam kuliner Western.

Kebetulan saya mencicipi Tamagoyaki bersamaan dengan sushi yang dibuatnya. Rupanya Tamagoyaki ini bisa menjadi isian sushi.

Di foto yang disertakan, kami berhasil membuat sushi dengan aneka isian seperti isian Tamagoyaki yang kemudian disebut Futo-Maki. Lihat foto sebelah kanan.

Mudahnya Tamagoyaki itu seperti telur dadar/omelet yang digulung kemudian diberi sedikit gula. Selain itu, Tamagoyaki juga kadang disiapkan untuk Bento atau Lunchbox karena begitu mudah membuatnya.

Nah tertarik mencoba Tamagoyaki sebagai bekal makan siang Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s