5 Orang Toxic yang Patut Dikenali Saat Berteman

Setelah lama tinggal di Jerman dan bertambah usia, saya mulai mempertimbangkan teman berkualitas. Kini saya bukan lagi menyebutkan bilangan kuantitas teman lagi, melainkan hanya bertumpu pada sekian orang yang disebut teman.

Nyatanya dalam berteman, kita bertemu dengan orang-orang yang bermasalah, yang kemudian menjadi toxic dalam hidup. Dalam pencarian saya, kemudian saya membagikan mereka yang disebut teman toxic ke dalam tipe orang toxic berikut ini:

1. Orang yang Selalu Berpikir Negatif

Mungkinkah Anda mengenali orang yang setiap bertemu, hanya membicarakan keburukan orang lain? Di mata orang tersebut, semua begitu negatif. Anda bahkan ikut membicarakan keburukan atau hal negatif tersebut, tanpa ada alasan apa pun.

Misalnya, Anda tidak mengenal betul orang yang dibicarakannya, tetapi Anda terpancing untuk membicarakan hal buruk tersebut. Apa yang terjadi selanjutnya adalah energi yang Anda habiskan bersama orang toxic ini pun menjadi negatif.

Energi negatif kerap menghabiskan energi Anda sendiri. Energi negatif membuat Anda kelelahan untuk menjadi diri Anda sendiri. Itu sebab bertemanlah dengan teman-teman yang positif sehingga energi Anda pun menjadi positif.

2. Orang yang Selalu Mengkritik Anda

Tipe kedua adalah tukang kritik. Anda pasti mengenal orang yang berada di tipe ini, hanya untuk mengkritik apa yang Anda buat, tanpa pernah membantu Anda atau memberikan petunjuk untuk melakukannya.

Kritik tentu saja boleh. Bahkan kritik itu membuat saya termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik dari diri saya. Namun kritik yang menjatuhkan adalah kritik yang menyerang dan sama sekali tidak bermanfaat.

Kritik bisa jadi karena dia sayang pada Anda, atau sebaliknya orang tersebut sangat membenci Anda sehingga langkah Anda selalu salah di mata orang tersebut.

Jika sudah demikian, pergilah dari orang tersebut! Pergilah ke tempat, yang mana Anda bisa menjadi diri sendiri.

3. Orang yang Selalu Pesimis

Mungkinkah Anda pernah bertemu dengan orang yang meragukan apa yang ingin Anda lakukan? Mereka mungkin saja terkesan merendahkan self-efficacy Anda dengan cara apapun. Mereka yang pesimis melihat hal-hal yang tidak Anda lihat sebagai orang optimis.

Mengapa orang tersebut masuk dalam kalangan orang toxic? Mereka adalah orang yang tidak “sehat” untuk kesehatan mental Anda. Anda begitu cemas, insecure, takut, dan perasaan rendah diri lainnya hanya karena sikap orang tersebut yang pesimis.

4. Orang yang Suka Memanipulasi

Untuk mengenali orang tipe ini, Anda bisa mengenalinya dari trik untuk mengambil perhatian Anda. Orang tipe ini memanipulasi keadaan atau cerita, agar Anda percaya dengan dirinya.

Apa yang disukai dari orang yang memanipulasi adalah mereka bisa mengendalikan Anda sepenuhnya. Anda bisa percaya dengan ceritanya, keahliannya, kepandaiannya, atau lainnya, hanya karena dia ingin memanfaatkan pertemanan dengan Anda.

Orang yang suka memanipulasi pintar sekali mengarang cerita. Orang yang memanipulasi pun ingin mengetahui tentang Anda sepenuhnya agar dia dapat mengontrol Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati karena dia tidak tulus dan hanya memanfaatkan pertemanan dengan Anda.

5. Orang yang Senang Menjadi Korban

Tipe terakhir adalah orang yang selalu berusaha mendapatkan perhatian kita, karena kehidupannya yang patut dikasihani. Dia adalah “korban” kehidupan sehingga perlu mendapatkan simpati, yang pada akhirnya kita tidak punya batasan, bahkan privacy.

Mereka yang menjadi “korban” berusaha menarik perhatian dan menyita waktu kita. Bahkan mereka membuat kita frustrasi atas masalah yang dihadapinya tanpa akhir. Sebaiknya Anda berhati-hati dengan tipe orang toxic ini.

Apakah Anda pernah mengenal tipe-tipe teman toxic tersebut?

4 thoughts on “5 Orang Toxic yang Patut Dikenali Saat Berteman

Leave a comment