Praha, Ceko (18): Trdelník, Jajanan Manis Kaki Lima yang Lagi Hits

Menjajaki jalanan Praha yang romantis di musim dingin, saya menemukan sesuatu yang begitu hits dan tidak saya jumpai sewaktu kami berada di sini sebelumnya. Saya melihat jajanan ini bisa memenuhi hasrat keingintahuan saya atau memang menjadi selera saya menikmati jajanan kaki lima.

Meski jajanan ini bukan hal yang baru, kami sendiri pernah mendapatinya saat berada di Budapest, Hungaria. Saya kemudian membelinya dengan mudah karena setiap sudut seperti menjual makanan ini dengan mudahnya dengan berbagai varian.

Trdelník berasal dari tradisi kuliner Slovakia dan Hungaria, tetapi telah menjadi ikon kuliner di Praha. Setelah penemuan saya pertama di Budapest, saya pun mudah menemukannya di Jerman. Jajanan manis ini bisa ditemui di Pasar Jelang Natal.

Dulunya dikenal sebagai kue pasar atau kue pedagang kaki lima, Trdelník memiliki bentuk unik dan kenyal yang membuatnya sangat diinginkan oleh pembelinya. Kita bisa melihat pembuatannya sambil menunggu pesanannya.

Pembuatan Trdelník terbuat dari adonan tepung yang dililitkan di sekitar batang kayu atau logam silinder, kemudian dipanggang hingga matang. Pemanggangan yang mengeluarkan aroma yang lezat di musim dingin, membuat siapa saja tergiur termasuk saya.

Trdelník pun dilumuri dengan campuran gula, kayu manis, dan kacang yang memberikan cita rasa manis dan gurih khas. Rasa asli adalah kayu manis dan gula pasir. Bahkan di Praha, mereka memiliki varian rasa beraneka ragam termasuk menjadikannya sebagai es krim.

Tentunya rasa dan pembuatannya yang fresh langsung dari panggangannya, memesona banyak turis seperti saya. Banyak toko kue dan penjual kaki lima di pusat kota Praha yang menyajikan Trdelník langsung dari tungku panggangnya.

Beberapa varian Trdelník juga ditawarkan dengan tambahan selai, krim, atau es krim, menciptakan pengalaman rasa yang lebih beragam. Harganya pun cukup terjangkau sekitar 2-4€ kalau Anda tak punya uang lokal untuk membelinya.

Ketika berkunjung ke Praha, Trdelník juga sering dibeli sebagai oleh-oleh atau suvenir. Kue ini biasanya dibungkus secara estetis dalam kemasan yang menarik, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan khas dari kota ini.

Ketertarikan terhadap Trdelník semakin meningkat karena pengaruh wisatawan yang membagikan pengalaman mereka di media sosial. Foto-foto menarik Trdelník yang dililitkan di sekitar batang kayu menjadi daya tarik tersendiri, dan wisatawan sering kali merasa harus mencoba makanan yang sudah terkenal ini.

Ada banyak spot di sepanjang jalan pusat kota Praha yang menjualnya. Siapa tahu ide ini bisa dipasarkan di Indonesia yang suka inovasi kuliner misalnya. Rasanya yang bervariasi tentu sangat disukai oleh siapapun.

7 thoughts on “Praha, Ceko (18): Trdelník, Jajanan Manis Kaki Lima yang Lagi Hits

Leave a comment