Praha, Ceko (24): 5 Alasan Kastil Praha Memikat Turis

Melanjutkan cerita kunjungan ke Praha sekian kalinya, saya lupa bahwa ada satu cerita menarik tentang Kastil Praha, yang luput diceritakan. Sebagaimana umumnya, kastil- kastil di Eropa yang mempesona turis.

Kastil Praha, atau Pražský hrad dalam bahasa Ceko ini letaknya tak jauh dari hotel kami menginap, di area Praha 1. Konon kastil ini adalah salah satu kastil terbesar di dunia dengan luas sekitar 70.000 meter persegi.

Jadi, itu sebab kastil ini menjadi magnet bagi turis seluruh dunia untuk berkunjung. Apa saja alasan untuk mengunjungi kastil ini?

1. Jejak Masa Lalu Kerajaan Bohemia

Kastil Praha telah menjadi pusat kekuasaan politik, budaya, dan agama di Republik Ceko selama lebih dari seribu tahun. Berbentuk kompleks mulai dari pusat pemerintahan yang masih aktif untuk menerima tamu kenegaraan hingga turis yang datang itu pun bisa berkunjung dengan GRATIS.

Kalau Anda ingat Film Bohemian Rhapsody yang terkenal, kastil ini menyimpan jejak sejarah Kerajaan Bohemia yang pernah jaya tersebut. Anda tentu dibuat penasaran dengan jejak masa lalu yang pernah terekam dengan baik di kastil ini

Dulu Istana Praha ini dulunya merupakan kediaman para raja Bohemia, sekarang digunakan untuk upacara kenegaraan dan acara resmi. Di dalam kompleks juga terdapat Menara Sihir, yang menawarkan pemandangan indah kota Praha dari ketinggian.

2. Panorama Kota Praha

Terletak di atas bukit di tepi sungai Vltava, Kastil Praha menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari kota Praha. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dari kompleks kastil dan kota Praha di bawahnya.

Meski jalan menuju kastil ini menanjak dan cukup melelahkan, itu sebab perlu alas kaki yang nyaman. Namun, it’s worthy to see Praha City. Sangat indah.

3. Lokasi Penyelenggaraan Kota Praha

Kastil Praha sering menjadi lokasi untuk berbagai acara budaya, festival, dan pertunjukan seni, termasuk konser musik, pertunjukan teater, dan pameran seni. Ini menarik banyak pengunjung yang tertarik pada seni dan budaya.

Sewaktu kami datang, ada pertunjukkan mobil-mobil old timer. Itu sangat keren sebagai lokasi berkumpulnya orang-orang yang punya hobi dan sama. Kompleks kastil terdiri atas berbagai bangunan, istana, gereja, dan galeri seni.

4. Arsitektur Mengagumkan

Bangunan-bangunan di dalam kompleks kastil, termasuk Katedral Santo Vitus dan Istana Praha, menampilkan arsitektur yang spektakuler.

Pemandangan arsitektur gothic, baroque, dan renaisans yang megah menarik minat para pengunjung yang tertarik pada seni dan arsitektur.

Kastil Praha terletak di atas bukit di tepi sungai Vltava, memberikan pemandangan spektakuler kota Praha.  Salah satu landmark paling terkenal di dalam kompleks kastil adalah Katedral Santo Vitus, sebuah gereja megah dengan arsitektur gothic yang menakjubkan dan merupakan tempat pemakaman raja-raja Bohemia.

5. Wisata yang Gratis dan Komperhensif

Karena begitu luas untuk Spot turis, tentu ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Ada pula yang dibuka umum, tetapi ada pula lokasi yang tertutup untuk wisatawan.

Kastil Praha juga dikenal karena Senat Ceko dan Kantor Presiden Ceko yang terletak di dalamnya. Selain itu, kastil ini memiliki banyak museum dan galeri seni yang menggambarkan sejarah dan budaya Republik Ceko.

Kastil Praha juga memiliki museum dan galeri seni yang menarik. Pengunjung dapat mengeksplorasi koleksi seni dan artefak berharga yang terkait dengan sejarah Republik Ceko.

Jadi, apakah Anda sudah pernah berkunjung juga?

Leave a comment